Senin 29 Nov 2021 18:22 WIB

Hari Menanam Pohon, Aston Simatupang Tanam 4.000 Bakau

Aksi menanam pohon dilakukan sebagai penyuluhan pentingnya mangrove bagi manusia

 Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon di Indonesia, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengadakan acara berupa penanaman pohon mangrove sebanyak 4.000 bibit di Pulau Tidung Kecil.
Foto: ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference
Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon di Indonesia, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengadakan acara berupa penanaman pohon mangrove sebanyak 4.000 bibit di Pulau Tidung Kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon di Indonesia, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengadakan acara berupa penanaman pohon mangrove sebanyak 4.000 bibit di Pulau Tidung Kecil. Ini dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove khususnya yang berada di Kepulauan Seribu dan juga penyuluhan akan pentingnya ekosistem mangrove bagi kehidupan manusia.

Bersama Pusat Budidaya dan Konservasi Laut, DKPKP Provinsi DKI Jakarta, dan Komunitas Mangrove Jakarta, tim Aston Simatupang akan terjun langsung di kegiatan ini. Rangkaian acara diselenggarakan pada 27 November 2021 lalu di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga

Hutan mangrove sangat berperan besar dalam mencegah erosi dan abrasi di pesisir pantai, berperan membentuk pulau, menstabilkan daerah pesisir, bahkan sebagai pencegah dan penyaring limbah secara alami. Dan juga sebagai tempat hidup, sumber makanan beberapa jenis satwa seperti ikan-ikan kecil, kepiting, kura-kura, burung, dan hewan lainnya yang tinggal di sekitar ekosistem mangrove.

photo
Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon di Indonesia, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengadakan acara berupa penanaman pohon mangrove sebanyak 4.000 bibit di Pulau Tidung Kecil. - (ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference )

Kepala UPT PBKL Dinas KPKP DKI Jakarta, Zaenab Biki mengatakan, penanaman pohon bakau ini terus dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem dan mencegah terjadinya abrasi hingga mengurangi dampak efek rumah kaca akibat perubahan iklim secara ekstrem.

Director Marketing of Communications Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center Paundra Hanutama mengatakan suatu kebanggaan untuk dapat ikut berpatisipasi dalam acara ini yang tentunya memberikan tujuan dan dampak besar bagi pelestarian ekosistem mangrove. Tentunya ini akan mendukung program ekonomi biru dengan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan mata pencaharian dan pekerjaan, serta kesehatan ekosistem laut.

“Ekonomi biru mencakup banyak kegiatan penting mulai dari transportasi laut, perikanan, penggunaan energi terbarukan, Industri pariwisata, hingga perubahan iklim," ujarnya dalam siaran pers.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia ( HMPI ). Ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon atau yang dikenal dengan istilah lain kampanye “One Man One Tree”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement