Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

4 Cara Tahu Webcam Kamu Dibajak

Senin 29 Nov 2021 14:21 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Peretas (ilustrasi).

Peretas (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Webcam sama seperti perangkat teknologi lain yang rentan terhadap peretasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Webcam sama seperti perangkat teknologi lain yang rentan terhadap peretasan. Peretasan tersebut dapat menimbulkan pelanggaran privasi serius. Misal, oknum yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses dan mengendalikan webcam Anda secara ilegal.

Peretas akan mudah untuk memata-matai Anda dan orang-orang di sekutar Anda. Selain itu, mereka juga dapat mencuri data pribadi Anda. Peretas webcam hanya membutuhkan untuk merancang malware yang membajak webcam, menginstalnya dari jarak jauh ke komputer Anda, dan tanpa sepengetahuan mulai mengambil video dan gambar Anda dari lokasi yang jauh.

Baca Juga

Jika peretas tertarik dengan informasi pribadi Anda, seperti data yang disimpan di komputer dan riwayat penelusuran reguler Anda, malware juga akan membantu mencurinya. Oleh karena itu, ada sejumlah cara untuk mengetahui apakah peretas sedang mengawasi Anda atau tidak.

Berikut empat tanda untuk memeriksa webcam Anda, seperti dilansir Quick Books, Ahad (28/11):

Periksa kamera Anda

Jika webcam Anda cukup modern, webcam memiliki kemampuan untuk memutar dan bergerak ke arah yang berbeda untuk menangkap video atau gambar terbaik dari sudut yang paling nyaman. Itu adalah fitur keren, tetapi meningkatkan kerentanan Anda saat peretas mengambil alih. Selalu waspada untuk memeriksa apakah kamera bergerak atau berputar tanpa perintah Anda.

Jika Anda menyadari ada gerakan yang tidak biasa, ada indikasi bahwa seseorang sedang memata-matai Anda. Kamera yang disusupi kemungkinan besar akan memengaruhi mikrofon dan speaker.

File penyimpanan aneh

Setelah peretas merekam rekaman melalui webcam Anda, rekaman video atau audio itu akan disimpan di antara file penyimpanan Anda. Ini berarti jika sebuah file muncul entah dari mana, maka itu akan menjadi peringatan. Selalu periksa file yang tidak Anda buat, terutama di folder rekaman webcam Anda.

Anda juga tidak dapat mengesampingkan kemungkinan peretas telah memindahkan beberapa file mereka dan beberapa file Anda ke folder baru atau ke lokasi yang kemungkinan besar tidak akan Anda periksa secara teratur. Selalu periksa secara teliti lokasi penyimpanan Anda dan pastikan pengaturan webcam sesuai dengan spesifikasi Anda.

Periksa lampu indikator

Jika lampu indikator webcam Anda beroperasi tidak normal atau terus menyala tanpa Anda minta, kemungkinan peretas sudah mengendalikannya. Terkadang, program komputer atau ekstensi browser lain yang Anda jalankan dapat menggunakan webcam Anda sehingga menyebabkan lampu indikator yang tidak normal.

Pada kesempatan lain, indikator akan tidak berfungsi karena masalah teknis dengan komputer Anda. Namun, Anda tidak boleh membiarkan apa pun terjadi secara kebetulan ketika menyangkut keamanan siber Anda.

Periksa aplikasi latar belakang

Terkadang malware akan menyelinap ke komputer Anda sebagai aplikasi biasa. Ini terutama terjadi ketika Anda suka mengunduh aplikasi dari situs web yang tidak aman sehingga aplikasi malware menemukan cara mudah untuk sistem operasi Anda. Selalu waspada terhadap perangkat lunak atau aplikasi yang berjalan di komputer Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA