Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Salimah Sumbar Kecam Pelecehan Seksual di Kota Padang

Ahad 28 Nov 2021 23:55 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Salimah Sumbar menilai pelecehan seksual merupakan tindakan keji.  Ilustrasi Pelecehan Seksual. (Republika/Prayogi)

Salimah Sumbar menilai pelecehan seksual merupakan tindakan keji. Ilustrasi Pelecehan Seksual. (Republika/Prayogi)

Foto: Republika/Prayogi
Salimah Sumbar menilai pelecehan seksual merupakan tindakan keji.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Sumatra Barat mengecam kasus kekerasan seksual yang menimpa dua anak perempuan kakak beradik yang terjadi di Padang.

"Kami mengecam keras segala bentuk kekerasan terhadap anak karena itu merupakan perbuatan yang keji dan melanggar Pancasila dan UUD 1945, KUHP, UU Perlindungan Anak dan lainnya," kata Ketua Salimah Sumbar, Laila Isrona, di Padang, Ahad (28/11).

Laila menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap korban kekerasan seksual terutama dua anak yang menjadi korban kekerasan seksual yang terjadi pada pertengahan November ini di Padang Selatan, Kota Padang.

"Duka yang sangat mendalam karena pemerkosaan dilakukan oleh tujuh pelaku diantaranya dari keluarga sendiri yang seharusnya sebagai pelindung kedua korban", ujarnya.

Laila mendukung segala upaya pemerintah melalui kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan dinas terkait dalam mengusut tuntas kasus kekerasan seksual ini.

"Pelaku harus diberikan hukuman maksimal agar memberikan rasa keadilan dan perlindungan kepada korban serta melakukan pemulihan kondisi fisik dan psikologis bagi korban dan keluarga," ujarnya.

Selain itu Laila meminta kepada semua kelompok masyarakat ikut memantau penanganan kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh Aparat Penegak Hukum, dan memberikan dukungan agar bekerja maksimal.

Dia juga mengimbau semua elemen masyarakat mulai dari tingkat RT hingga kota/kabupaten untuk bersama-sama meningkatkan peran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar sebagai upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Laila juga mengimbau kepada seluruh pengurus dan anggota Salimah pada semua level di Sumatra Barat agar menjadi contoh teladan dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat serta menambah frekuensi edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan ketahanan keluarga sebagai basis ketahanan lingkungan dan masyarakat.

"Kami terus bekerja dan siap menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan ketahanan keluarga serta menciptakan lingkungan yang ramah anak," tutup Laila.  

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA