Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Papua Disebut Bagian Kunci Perubahan Iklim, Ini Alasannya  

Ahad 28 Nov 2021 18:32 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Potensi alam di Papua sangat besar dan jadi kunci perubahan iklim. Foto udara sungai berkelok membelah hutan di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (29/1).

Potensi alam di Papua sangat besar dan jadi kunci perubahan iklim. Foto udara sungai berkelok membelah hutan di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (29/1).

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Potensi alam di Papua sangat besar dan jadi kunci perubahan iklim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sumber daya alam di Indonesia sangat potensi dikelola dengan baik. 

Salah satunya di wilayah Papua yang memiliki sumber daya alam yang kaya.  Menurut Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK), Oki Earlivan Sampurno, Papua memiliki sumber alam yang kaya dan pandangan yang besar. 

Baca Juga

Sebab kata dia, kawasan Papua memiliki potensi industri besar.  "Papua sangat menarik karena memiliki pandangan besar. Industri besar di Papua yaitu industri karbon di Indonesia," kata Oki Earlivan Sampurno saat berbicara di Podcast Let’s Talk About Papua: Maintaining Sustainable Environment in Papua Sabtu (27/11) yang diselengarakan Perhimpunan Eropa Untuk Indonesia Maju (PETJ).  

Menurutnya, kondisi tersebut menjadi tantangan bersama  untuk menjadikan wilayah Papua sebagai provinsi yang maju di Indonesia. Sehingga perlu adanya kerjasama dan terobosan.  

Yakni lingkup prioritas antara lain, energi, pendidikan, dan kesehatan, degradasi ekologis produksi pertanian dan pangan, lalu pengembangan industri. 

"Papua punya potensi besar dan 70 persen energi penghasil karbon.Papua juga sebagai paru-paru dunia dan penghasil karbon," tuturnya.  

Sementara itu, Wasekjen 2 PETJ Shandy Adiguna mengatakan, Indonesia bagian dari negara tropis. Bahkan kata dia, negara tropis terbesar dunia juga memiliki kekayaan alam luar biasa juga hutan yang besar. "Kita dianggap sebagai kunci dalam penanganan perubahan iklim, " kata Shandy.  

Kata dia, Indonesia sebagai kunci dalam penanganan perubahan iklim, di mana wilayah Papua sebagai faktornya.  "Tentu Papua sebagai faktor besar pertimbangan bagi Indonesia," kata dia.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA