Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Satgas Nemangkawi Belum Tingkatkan Pengamanan Jelang HUT OPM

Ahad 28 Nov 2021 17:26 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo

Satgas Nemangkawi bertugas di Papua.

Satgas Nemangkawi bertugas di Papua.

Foto: Antara
OPM rencananya bakal menggelar upacara serentak pada 1 Desember di tiap markas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaops Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat mengatakan, pihaknya belum menambah jumlah personel keamanan di Papua menjelang peringatan HUT OPM. Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) jatuh pada tanggal 1 Desember.

"Tidak ada pengerahan dan penambahan personel," kata Ramdani saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (28/11).

Baca Juga

Meski demikian, ia menegaskan, Satgas Nemangkawi akan tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi pada HUT OPM. "Lebih waspada saja dan monitor giat masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom mengungkapkan, pihaknya bakal menggelar upacara peringatan HUT OPM. Ia menyebut, kegiatan pada tanggal 1 Desember itu akan dilakukan serentak di seluruh markas TPNPB-OPM yang tersebar di dalam dan luar negeri.

"Semua markas dibawah Komando Nasional TPNPB OPM akan lakukan upacara di setiap markas, yaitu di 34 Kodap di seluruh Tanah Papua dan di luar negeri," ungkap Sebby kepada Republika.co.id.

Selain itu, menurut dia, Ketua Badan Diplomatik TPNPB-OPM, Akouboo Amatus Douw bersama pendukung Papua Merdeka akan melakukan upacara secara internasional. Kegiatan itu, jelas dia, bakal disiarkan secara langsung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA