Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Spotify Hentikan Fitur Car View, Kenapa?

Ahad 28 Nov 2021 05:52 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Spotify Hentikan Fitur Car View, Kenapa? Layanan streaming musik Spotify meluncurkan Wrapped 2020 yang merangkum banyak hal tentang 2020.

Spotify Hentikan Fitur Car View, Kenapa? Layanan streaming musik Spotify meluncurkan Wrapped 2020 yang merangkum banyak hal tentang 2020.

Foto: EPA
Untuk saat ini, mode atau tampilan lain tidak akan menggantikan Car View.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu fitur Spotify yang disukai oleh pengemudi adalah Car View atau tampilan mobil khusus. Fitur tersebut diluncurkan khusus bagi pengguna Android tahun 2019.

Car View mengubah antarmuka agar pengemudi lebih mudah mengontrol musik. Namun, sekarang Car View resmi dihentikan. Kabar tersebut dikonfirmasi dari unggahan moderator di forum resmi Spotify. Untuk saat ini, mode atau tampilan lain tidak akan menggantikan Car View.

Baca Juga

“Kami mengonfirmasi akan menghentikan fitur Car View. Namun, ini tidak berarti kami tidak ingin meningkatkan cara pengguna kami mendengarkan Spotify saat mengemudi. Sebaliknya, kami secara aktif mengeksplorasi berbagai cara baru untuk memberikan pengalaman mendengarkan di dalam mobil terbaik,” tulis unggahan itu.

Unggahan forum juga menyebut Spotify sedang mengerjakan fitur lain untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik di dalam mobil. Ada yang menyarankan Google Assistant atau Siri dapat digunakan untuk meluncurkan lagu di Spotify dan penggunaan hands free sambil menyetir.

Jika dasbor stereo mobil Anda mendukung Android Auto atau Apple CarPlay maka antarmuka Spotify dapat diakses langsung di layar. Namun, tentu saja banyak mobil tua di jalan yang tidak memiliki opsi perangkat lunak terbaru untuk digunakan kembali.

Dikutip Tech Radar, Ahad (28/11), penghentian Car View telah membuat banyak pengguna tidak senang, tetapi Spotify bukanlah satu-satunya pengembang perangkat lunak yang dapat melakukan lebih baik dalam hal antarmuka yang ditawarkan kepada pengguna saat mereka mengemudi. Sering kali, tidak ada perubahan antarmuka sama sekali.

Baru-baru ini Google mencabut aplikasi Android Auto untuk ponsel, antarmuka sederhana untuk mereka yang tidak memiliki dasbor mobil yang kompatibel dengan Android Auto dan mengarahkan pengguna ke Google Assistant sebagai gantinya. Asisten digital memang membuat operasi saat bepergian lebih mudah, tetapi mereka tidak selalu sempurna. Terkadang Anda tidak dapat mengalahkan tombol yang sebenarnya. 

https://www.techradar.com/news/spotify-is-retiring-the-car-view-mode-that-made-listening-while-driving-easier

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA