Ahad 28 Nov 2021 04:25 WIB

Cannavaro Optimistis Italia Bisa Kalahkan Portugal

Babak play off zona Eropa akan berlangsung pada Maret tahun depan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Fabio Cannavaro
Foto: AP/Lorenzo Galassi
Fabio Cannavaro

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Legenda Italia, Fabio Cannavaro bereaksi seputar hasil undian play off Piala Dunia 2022 zona Eropa. Timnya berpotensi jumpa Portugal.

Dua elite benua biru itu berada di grup yang sama. Gli Azzurri bertemu Makedonia Utara pada semifinal. Pemenang pertandingan ini, berhadapan dengan Portugal atau Turki.

Cannavaro berharap para yuniornya tak merasa khawatir. Ia menghormati kualitas Selecao das Quinas. Terutama ada sosok Cristiano Ronaldo di sana.

Tapi bukan berarti mereka harus cemas mendengar nama besar Ronaldo. "Dia terus mencetak gol. Tetapi (Giorgio) Chiellini dan (Leonardo) Bonucci tahu pergerakannya dengan baik," kata Cannavaro, dikutip  dari Football Italia, Ahad (28/11).

Sosok yang kini menjadi pelatih itu melihat Ronaldo tidak lagi memiliki kecepatan seperti dulu. Situasi demikian, bisa menjadi keuntungan bagi mereka. Namun ia memahami CR7 bakal memberikan segalanya demi tampil di panggung terbesar kompetisi antar negara.

Sebelumnya, Azzurri diprediksi lolos langsung ke Qatar tahun depan. Namun berjalannya waktu, Federico Chiesa dan rekan-rekan akrab dengan hasil imbang. Itulah mengapa para gladiator negeri Pizza kalah bersaing dengan Swiss di Grup C.

Empat bulan lalu, Italia berjaya atas lawan yang sama di Piala Eropa. Kali ini situasi berbalik. Jorginho menjadi kambing hitam kegagalan Gli Azzurri memuncaki klasemen akhir.

Timnya dua kali ditahan imbang Swiss. Dalam dua pertemuan tersebut, anak asuh Roberto Mancini mendapat hadiah penalti. Jorginho yang menjadi algojo, gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Portugal pun mengalami nasib sial pada laga pamungkas Grup A, beberapa pekan lalu. Tampil di markas sendiri, Selecao das Quinas menyerah 1-2 dari Serbia. Kekalahan tersebut membuat Diogo JOta dan rekan-rekan finis di peringkat kedua klasemen akhir, dan harus melalui fase play off jika ingin tampil di Piala Dunia 2022.

Babak play off zona Eropa ini, berlangsung pada Maret tahun depan. Berikut susunan lengkap tim-tim yang akan bertanding nantinya.

Grup A:

Semifinal 1: Skotlandia vs. Ukraina

Semifinal 2: Wales vs. Austria

Grup B:

Semifinal 3: Rusia vs. Polandia

Semifinal 4: Swedia vs. Republik Ceko

Grup C:

Semifinal 5: Italia vs. Makedonia Utara

Semifinal 6: Portugal vs. Turki

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement