Ahad 28 Nov 2021 07:30 WIB

Hyundai Creta akan Menuju Pasar Ekspor

Hyundai Creta fokus pada pasar kendaraan lima penumpang.

Hyundai Creta yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021.
Foto: hiru muhammad
Hyundai Creta yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hyundai Creta menjadi mobil pertama garapan Hyundai Motors di Indonesia. Tidak hanya menyasar pasar domestik, Hyundai Creta juga akan menuju pasar ekspor.

"Pasti (menuju pasar ekspor)," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Fasilitas manufaktur Hyundai di Cikarang disiapkan untuk basis produksi Hyundai di pasar Asia. Makmur menjelaskan bahwa Hyundai Indonesia memiliki kapasitas produksi 150.000 unit per tahun, yang bisa dioptimalkan hingga 250.000 unit setiap tahun.

Menurut rencana, Hyundai Indonesia tidak hanya mengandalkan Creta, melainkan akan menggarap produksi mobil listrik dan mobil keluarga (multi purpose vehicle/MPV). Makmur menilai, pasar ekspor untuk Creta yang disasar Hyundai Indonesia tidak akan bersinggungan dengan Hyundai India yang juga memproduksi Creta.

"Kami handle mana, India handle mana itu pasti sudah ada pembagiannya," jelas Makmur.

Kendati demikian, Makmur belum bisa menjelaskan negara tujuan ekspor Hyundai di masa mendatang.

Sementara itu, Makmur mengatakan Hyundai Indonesia tidak berencana merilis sport utility vehicle (SUV) Hyundai Creta dengan opsi tujuh penumpang. Mereka meyakini bahwa mobil dengan konfigurasi lima penumpang memiliki pasar yang besar di Indonesia.

"Segmen SUV yang lima penumpang itu besar," kata Makmur.

Hyundai fokus ke 5-seater karena memang pasarnya sangat besar. "Jadi misalnya, konsumen yang di rumah sudah punya mobil 7-seater, mereka akan mencari lagi yang lima penumpang," tambah Makmur.

Creta yang diproduksi pabrik Hyundai Indonesia telah mendapatkan sambutan baik dari konsumen pada pemeran otomotif GIIAS. Mobil bermesin 1.500 cc MPI itu mampu membukukan surat pesanan (SPK) sebanyak 670 unit pada debutnya pada pameran itu.

"Ini produk pertama kami dan dapat sambutan baik di GIIAS. Ini fantastis," kata Makmur.

Hyundai Creta dijual dengan harga mulai Rp 279 juta hingga tipe tertinggi Rp 399 juta. Makmur meyakini harga tersebut telah sesuai dengan kelengkapan fitur yang ditawarkan Hyundai Creta untuk konsumen di segmen SUV.

Hyundai menghadirkan teknologi inovatif Bluelink berupa layanan mobil terkoneksi yang memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Hyundai Bluelink memberikan akses penuh kepada pemilik Creta untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, hingga mengetahui di mana kendaraan diparkir dan mendeteksi apabila terjadi pencurian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement