Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Kalvin Phillips Ogah Ikuti Jejak Eric Cantona Gabung MU

Ahad 28 Nov 2021 00:04 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Kalvin Phillips dari Leeds United.

Kalvin Phillips dari Leeds United.

Foto: Joe Giddens/PA via AP
Kalvin Phillips memiliki sisa kontrak dua setengah tahun lagi di Leeds.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Manchester United (MU) bakal gigit jari mengingat pemain incarannya, Kalvin Phillips, enggan meninggalkan Leeds United ke klub rival. Bahkan, Phillips diklaim tidak akan tergiur dengan biaya mahal pun gaji tinggi yang ditawar kubu Iblis Merah.

Sebagaimana dilansir Daily Star, Sabtu (27/11), Phillips bakal menepis tawaran apa pun dari kubu MU, dengan kemungkinan biaya di kisaran 60 juta pounds dari Iblis Merah.

Keputusan Kalvin Phillips untuk tidak bergabung dengan the Red Devils lantaran ia sangat menghormati hubungannya dengan klub masa kecilnya, Leeds United. Pun, mewaspadai berbagai reaksi yang akan terjadi dari para fan the Peacocks.

Pesepak bola berusia 25 tahun itu memiliki sisa kontrak dua setengah tahun lagi di Stadion Elland Road, dan hierarki klub asal Yorkshire ingin segera mengajukan proposal perpanjangan kontrak secepat mungkin.

Phillips merupakan andalan lini tengah pelatih Marcelo Bielsa di Leeds United. Ia memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Hal itu terlihat secara gamblang ketika ia memperkuat timnas Inggris pada Euro 2020 kemarin.

Penampilan mengkilap Phillips jelas merupakan andil besar dari didikan keras Bielsa. Di bawah asuhan pelatih asal Argentina, sosok yang dijuluki Andrea Pirlo asal Yorkshire itu mampu menunjukkan permainan agresif, sekaligus cerdas secara taktikal.

MU membutuhkan sosok pemain tersebut, selain Phillips MU juga kepincut mendatangkan gelandang bertahan West Ham United, Declan Rice, yang merupakan tandem Phillips di lini tengah the Three Lions asuhan Gareth Southgate.

Sebelumnya beberapa pemain Leeds United yang pernah membelot ke Man United adalah Rio Ferdinand, Alan Smith, dan sang legenda Eric Cantona. Nama terakhir membela Iblis Merah selama 4,5 musim hingga pensiun.

Cantona membawa MU meraih empat gelar Liga Primer Inggris, dua Piala FA, serta tiga trofi Charity Shield. Pesepak bola asal Prancis pun tercatat mencetak 82 gol dari 185 penampilan untuk MU.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA