Sabtu 27 Nov 2021 19:40 WIB

61 Penumpang dari Afrika Selatan Positif Covid di Belanda

Otoritas Belanda menggecarkan pemeriksaan untuk mencegah masuknya varian baru Omicron

Virus corona (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Sebanyak 61 orang yang tiba di Amsterdam dengan menggunakan dua penerbangan dari Afrika Selatan dinyatakan positif Covid-19. Menurut pejabat Belanda, mereka telah ditempatkan di ruang isolasi di hotel dekat Bandara Schipol.

Seperti dilaporkan BBC, Sabtu (27/11), secara total ada sedikitnya 600 penumpang yang ditahan selama beberapa jam untuk jalani tes Covid-19. Dari jumlah itu, 61 di antaranya positif Covid-19.

Baca Juga

Menurut seorang penumpang yang bertolak dari Cape Town ke Manchester via Amsterdam, mereka sempat di tahan di Bandara Tarmac, Schipol, selama beberapa jam sebelum akhirnya diizinkan pergi.

Otoritas Belanda telah menggencarkan pemeriksaan untuk mengantisipasi penyebaran virus variaun Omicron. WHO telah memasukkan Omicron sebagain vian yang patut diperhatikan

Varian ini dilaporkan oleh WHO pertama kali muncul di Afrika Selatan. Beberapa jam setelah pengumuman itu banyak negara telah melakukan pembatasan perjalanan dari sejumlah negara di Afrika, termasuk Afrika Selatan. Beberapa negara yang melakukan pembatasan seperi Inggris, Turki, Australia, dan Singapura.

"Mereka yang positif ini nanti kami periksa segera untuk menentukan apakah mereka masuk varian Omicron yang dikhawatirkan," ujar seorang pejabat Belanda. Menurut pejabat itu, mereka yang negatif tetap akan diisolasi selama lima hari.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement