Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Melihat Kembali 100 Laga Andres Iniesta Bersama Vissel Kobe.

Sabtu 27 Nov 2021 18:06 WIB

Red: Israr Itah

Andres Iniesta membela Vissel Kobe dalam 100 laga.

Andres Iniesta membela Vissel Kobe dalam 100 laga.

Foto: Dok J league
Andres Iniesta sudah memperkuat Vissel Kobe dalam berbagai kompetisi sejak 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andres Iniesta mencapai tonggak baru dalam karier sepak bolanya selepas meninggalkan Barcelona membela  Vissel Kobe. Iniesta kini sudah 100 kali bermain untuk klub J.League tersebut.

Andres Iniesta mencatat penampilan ke-100 untuk Vissel Kobe saat jadi kapten dan menang 2-0 lawan Yokohama FC, Sabtu (20/11), pada ajang Meiji Yasuda J1 League.

Meski sudah berusia 37 tahun, nyatanya Iniesta masih jadi bagian penting klub asal Prefektur Hyogo tersebut.

Iniesta mulai bergabung dengan Vissel Kobe pada 24 Mei 2018 setelah 16 musim membela Barcelona sebagai pemain profesional. Ia bergabung dengan akademi pemain muda Barcelona pada 1996 saat berusia 12 tahun.

Pada awalnya, Iniesta menandatangani kontrak selama tiga tahun, kini ia sudah punya kontrak anyar yang membuatnya akan terus bermain untuk Vissel Kobe hingga 2023 mendatang.

Pindah ke Jepang saat berusia 34 tahun, Iniesta ternyata masih jadi bagian penting klub di lapangan, membuatnya kini mencatat 100 penampilan untuk klub di semua ajang.

Debutnya di Vissel kobe terjadi pada 22 Juli 2018, saat itu Iniesta masuk menggantikan Kazuma Watanabe pada babak kedua pada laga lawan Shonan Bellmare di Liga Jepang.

Bulan September, ia kali pertama mengenakan ban kapten saat Vissel Kobe kalah 1-2 dari Gamba Osaka. Kini, ban kapten hampir selalu melekat di lengannya setiap laga.

Bersama Iniesta, Vissel Kobe juga meraih gelar pertama mereka berganti nama dari Kawasaki Steel Mizushima pada 1995. Vissel Kobe meraih gelar Piala Kaisar 2019, mengalahkan Kashima Antlers 2-0 di partai puncak. Iniesta bermain 88 menit sebagai kapten tim pada laga ini.

Tak berhenti di situ, pada awal musim 2020, Vissel Kobe juga jadi juara Piala Super Jepang setelah menang adu penalti 6-5 lawan juara J1 League musim sebelumnya, Yokohama F. Marinos. Iniesta bermain penuh, sebagai kapten, dan mencatat satu assist pada laga ini.

Tak hanya di Jepang, Iniesta juga membawa Vissel kobe terbang tinggi di Asia. Juara Piala Kaisar membuat mereka lolos ke gelaran Liga Champions Asia 2020.

Di kompetisi antarklub terbaik Asia pertama mereka, Vissel Kobe melaju jauh hingga semifinal sebelum dihentikan klub Korea Selatan, Ulsan Hyundai. Iniesta saat itu tak bisa berlaga karena menderita cedera hamstring saat timnya menang lawan Suwon Samsung Bluewings pada laga semifinal.

Total, Iniesta mencatat 23 gol dan 22 assist selama 100 laga membela Vissel Kobe di semua ajang. Rinciannya, 85 laga di J1 League (19 gol), lima laga di J.League Cup (satu gol), tiga laga di Piala Kaisar (satu gol), enam laga di Liga Champions Asia (dua gol), dan satu laga di Piala Super Jepang.

Jumlah 100 laga mungkin masih terpaut sangat jauh dari 674 pertandingan yang pernah Iniesta lalui bersama Barcelona, tetapi bukan berarti ini pencapaian yang bisa dipandang sebelah mata.

Kini, dengan kontrak dua tahun tersisa, mungkin kita akan bisa melihat laga ke-200 Iniesta bersama Vissel Kobe. Dimulai akhir pekan ini saat Vissel Kobe menjamu Yokohama F. Marinos pada laga pekan ke-37 Meiji Yasuda J1 League, Sabtu (26/11).

Sayang pada laga ini, Vissel Kobe harus menelan kekalahan 0-2. Iniesta juga menerima kartu kuning.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA