Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Fauci Ragu Virus Penyebab Covid-19 Bisa Lenyap Seperti Polio

Sabtu 27 Nov 2021 17:33 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pakar penyakit menular AS, Anthony Fauci, mengaku amat ragu virus corona penyebab Covid-19 dapat dimusnahkan seperti melenyapkan polio, campak, dan malaria.

Foto:
Fauci mengatakan, virus penyebab Covid-19 mustahil dilenyapkan.

Vaksin vs omicron

Sementara itu, pakar kesehatan pernapasan terkemuka di China, Prof Zhong Nanshan, meyakini vaksin Covid-19 yang ada saat ini masih mampu mengatasi varian omicron. Varian baru itu telah ditetapkan sebagai "variant of concern" oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Vaksinasi tentu saja masih menjadi cara yang efektif untuk varian virus itu," kata Zhong, seperti dikutip media China, Sabtu.

Meskipun tidak banyak mendapatkan informasi, Zhong mengingatkan masyarakat global untuk mewaspadai risiko varian omicron. Varian baru itu menjadi tantangan tersendiri dalam upaya pencegahan dan pengendalian pandemi karena penularannya juga masif, seperti disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Zhong menyebutkan bahwa vaksinasi di negaranya telah mencapai 76,8 persen dari populasi. Ia menilai, pencapaian tersebut sudah bagus dalam memenuhi target vaksinasi 80 persen populasi agar bisa mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) pada akhir tahun.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA