Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rudisa Putra

Layani 120 Pasien Anak Dhuafa, Rumah Singgah SANI Ingin Terus Berkembang

Gaya Hidup | Friday, 26 Nov 2021, 21:27 WIB

DEPOK-- Rumah Singgah SANI merupakan singkatan dari Rumah Singgah Saya Anak Negeri Indonesia yang didirikan oleh Amy Mismilian atau yang akrab disapa dengan Bunda Amy (55). Rumah Singgah SANI secara resmi berdiri sejak tahun 2017, dan beralamat di Jl.Barito Raya No.138, Abadijaya, Sukmajaya, Depok-Jabar.

Pendirian Rumah Singgah SANImenurut Bunda Amy dilatarbelakangi dari kepeduliannya untuk membantu orang yang berasal dari daerah yang sedang menjalani pengobatan tetapi terbentur biaya operasional dan tempat tinggal. Bunda Amy sendiri sudah memulai kegiatannya ini selama 18 tahun tetapi nama Rumah Singgah Sani baru muncul ke permukaan 4 tahun belakangan ini. "Latar belakang saya mendirikn rumah singgah ini berdasarkan pengalaman ya, awalnya sih kami sudah berjalan selama 18 tahun, tapi berdirinya atas nama Sani ini baru berdiri selama 4 tahun dan rumah singgahnya pun baru berdiri selama 4 tahun," tutur Amy.

Amy menambahkan bahwa untuk saat ini rumah singgahnya hanya menerima pasien dari anak-anak. Berdasarkan kapasitas dari rumah singgah sani menurut penuturan Amy ada 9 orang pasien dari anak-anak saat ini yang menginap yang dikhususkan bagi mereka yang berasal dari daerah . Sementara bagi mereka yang tinggalnya tidak jauh dari Rumah Singgah Sani mendapatkan pendampingan juga dengan antar jemput. Total jumlah keseluruhan pasien yang mendapatkan pendampingan ataupun perawatan dari Rumah Singgah Sani ada 120 anak.

"Mereka nggak berani berobat karena ya itu terbenturnya operasional, tempat tinggal, untuk kebutuhan hari-hari. Akhirnya kami mempunyai inisiatif bagaimana mendirikan Rumah Singgah Sani, tapi kebetulan kami baru bisa mendirikan hanya utk anak-anak aja. Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah ada 120 anak yang pernah kita tampung, memang tidak sekaligus masuk, bergilir, ada 9 kita tampung karena kapasitasnya hanya 9, tapi untuk pendampingannya tetap kita lebih dari segitu, karena ada yang kita antar jemput dari rumah," kata Amy.

Untuk saat ini pasien yang menginap dan dirawat di rumah singgah sani menurut keterangan dari Amy berasal dari daerah yang berbeda-beda. "Anak yang di rumah kami itu bukan dari satu daerah, ada yang dari Sumatera, Kalimantan, Banten, maupun dari Karawang", terang Amy.

Mengenai pendanaan Rumah Singgah Sani, Amy mengaku saat ini belum memiliki donatur tetap tetapi ada donatur dari dokter yang memiliki kepedulian untuk rumah singgah ini yang bersedia menanggung biaya operasional rumah singgah ini. Amy mengaku bersyukur dengan bantuan dari dokter tersebut berupa operasional dan ambulans. Di samping itu ada beberapa bantuan dari teman-temannya untuk Rumah Singgah ini karena rumah singgah yang ia kelola ini tidak meminta bayaran sepersen pun kepada pasien.

"Kami tidak pernah meminta biaya dari pihak pasien selama kami masih punya persediaaan, kami tidak pernah meminta dana ke pasien, jadi selama ini kita ambilnya dari subsidi silang dari ambulans, dan kebetulan ada donatur kita, ada dokter, keluarga dokter itu memang yang memberikan ambulans, dan beliau itu membayarkan untuk kebutuhan listrik, ataupun air, dan internet. Jadi kami tidak pernah meminta bayaran kepada pasien . Kalo misalpun ada operasional biasanya kami usahakan dari biaya pemasukan dari ambulans, ada juga yang selama ini memberikan bantuan dari teman-teman atau dari pribadi per orang aja," lanjut Amy.

Amy berharap ke depannya, rumah singgah ini ada bantuan dari donatur-donatur tetap yang ikut mengembangkan Rumah Singgah Sani agar banyak pasien yang membutuhkan tempat tingggal sementara, agar terlayani dengan baik.

Pipin dan Supriyatna merupakan salahsatu orangtua yang anaknya dirawat di Rumah Singgah SANI. Melalui Tim Ummat TV yang bekerjasama dengan WIZ Jakarta keduanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rumah Sakit SANI yang telah memberikan tempat tinggal selama pengobatan, berbagai kebutuhan harian.

"Saya berterima kasih kepada Yayasan Rumah Singgah SANI yang telah memberikan tempat tinggal selama pengobatan kita di sini, fasilitas dan kebutuhan anak saya di sini seperti susu, pampers , seperti tisu basah , tisu kering dan sebagainya. Saya ucapkan sakali lagi terimakasih, semoga Tuhan membalas semua kebaikan terhadap Yayasan Sani atau Saya Anak Negeri Indonesia, semoga lebih banyak lagi orang yang tertolong terhadap Yayasan Saya Anak Negeri Indonesia", ucap Pipin.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Sani yang sudah banyak membantu saya dan anak saya untuk mengakses ke rumah sakit dari makan, tempat tidur, transfortasi, susunya, dan semuanya, medical chek up, seminggu 2 kali, semoga Allah mmbalas semua kebaikan , saya do'akan, terimakasih," ucap Supriyatna, Kamis (4/11/2021).

**

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image