Thursday, 17 Jumadil Akhir 1443 / 20 January 2022

Thursday, 17 Jumadil Akhir 1443 / 20 January 2022

Baznas Perkuat Kapasitas Menulis Mentor Beasiswa

Sabtu 27 Nov 2021 10:07 WIB

Red: Agung Sasongko

Baznas menyelenggarakan workshop jurnalistik dengan tema

Baznas menyelenggarakan workshop jurnalistik dengan tema "Bisa Menulis Di Media Online".

Foto: istimewa
Baznas menyelenggarakan workshop jurnalistik "Bisa Menulis Di Media Online"

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas menyelenggarakan workshop jurnalistik dengan tema "Bisa Menulis Di Media Online". Workshop ini ditujukan dan diikuti oleh para mentor Beasiswa Baznas yang tersebar di 99 kampus dan 48 Ma'had Aliy di Seluruh Indonesia. Workshop ini juga sebagai bentuk penguatan para mentor dalam mendampingi para mahasiswa. 

Workshop dibuka oleh Sri Nurhidayah, Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS dan materi workshop disampaikan oleh Irwan Kelana, seorang Penulis, Novelis, dan Jurnalis Harian Republika. Workshop dilaksanakan secara virtual di zoom.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Sri Nurhidayah berterima kasih dan berpesan kepada para mentor bahwa pendampingan adalah hal kunci dalam program Beasiswa Baznas.

"Pendampingan adalah kunci, dan tidak ada sesuatu yang besar jika ikhtiar biasa-biasa saja", ujar Sri saat memberikan pengantar dalam acara workshop.

Kemudian, Irwan Kelana dalam paparannya menjelaskan manfaat, urgensi berita serta cara menuliskan berita agar di muat di media.

"Sebetulnya, dalam membuat berita yang siap dimuat di media, cukup memenuhi rumus berita 5W dan 1H. Jika sudah terpenuhi, jurnalis media akan lebih mudah dan cepat untuk mempublikasikan berita", ujar Irwan. 

What menjelaskan apa yang terjadi , apa acaranya , dan apa kegiatannya. Where menjelaskan dimana acara tersebut , di mana tokoh tersebut tinggal. When menjelaskan kapan acara tersebut, kapan kita wawancara tokoh tersebut. Who menjeleaskan siapa narasumber kegiatan tersebut , siapa tokoh yang kita temui. Why menjelaskan mengapa atau untuk apa acara kegiatan tersebut diadakan ,mengapa tokoh tersebut mau melakukan kegiatan itu. dan How menjelaskan bagaimana suasana acara kegiatan tersebut , bagaimana sepakterjang tokoh tersebut.

Kegiatan workshop seperti ini merupakan bagian dari komitmen BAZNAS sebagai lembaga yang tidak saja menjadi "juru bayar", namun juga memastikan setiap penerima manfaat bisa berkembang dan bertumbuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA