Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Mahasiswa UMM Raih Juara LKTII Nasional

Sabtu 27 Nov 2021 09:11 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional.

Foto: Humas UMM
Tim mengerjakan karya ilmiah ini hanya dalam waktu kurang dari dua minggu.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Tiga mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional. Kompetisi ini diadakan secara daring oleh Universitas Airlangga (Unair) pada Sabtu (20/11).

Salah satu anggota tim, Yasmin Zakiyyatuzzahra mengatakan, tulisan ilmiah yang diikutsertakan oleh timnya membahas terkait gagasan baru vaksinasi keliling. Selain untuk mengurangi kerumunan orang ketika mengantri vaksin, cara ini dirasa ampuh untuk menambah silaturahim. "Terurama antara tenaga kesehatan dan juga masyarakat," katanya.

Baca Juga

Yasmi mengaku, tim mengerjakan tulisan ini dalam waktu yang lumayan singkat, yakni kurang dari dua minggu. Untuk bagian abstrak, tim dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga hari. Sementara itu, untuk bagian isi tulisan membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Meskipun dapat menyelesaikan tulisan ilmiah secara cepat, Yasmin dan tim menghadapi kesulitan dalam proses pengerjaannya. Sebagai mahasiswa baru yang masih beradaptasi dengan dunia perkuliahan, dia harus membagi waktu lomba dan kuliah. Selain itu, kompetisi ini juga pengalaman pertamanya mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

Semula, Yasmin hanya iseng mengikuti kompetisi ini karena waktu luang yang banyak sebelum dimulainya masa perkuliahan. Dia sama sekali tidak menyangka kalau abstrak yang tim kirimkan akan lolos. Tim sempat berpikir untu berhenti saja karena jadwal perkuliahan yang semakin padat. 

"Namun pada akhirnya saya dan teman-teman tetap melanjutkan karena tidak mau mengerjakan sesuatu dengan setengah-setengah,” ucapnya dalam pesan pers, Jumat (26/11).

Selain Yasmin, karya ilmiah ini juga ditulis oleh Amelia Putri Nasution dan Kanina Alma Dystanti. Yasmin bersyukur timnya dapat memperoleh juara tiga meskipun baru pertama kali mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Jika nantinya diberi kesempatan, Yasmin dan teman satu timnya ingin merealisasikan gagasan vaksinasi keliling ini ke masyarakat luas sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

“Raihan juara ini membuat kami semakin terpacu untuk mengikuti berbagai perlombaan di masa yang akan datang. Tentu kemenangan ini kami harap bisa menginspirasi teman-teman lain untuk berprestasi,” katanya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA