Sabtu 27 Nov 2021 07:05 WIB

Afrika Selatan Protes Pembatasan Perjalanan Akibat Covid-19

Afrika Selatan sebut pembatasan perjalanan karena varian baru Covid tak dibenarkan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Covid 19 (ilustrasi)
Foto: Max Pixel
Covid 19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Afrika Selatan mengatakan memberlakukan pembatasan pada wisatawan dari negara itu karena varian Covid-19 yang baru diidentifikasi tidak dapat dibenarkan, Jumat (26/11). Protes ini disampaikan setelah larangan Inggris pada penerbangan dari negara-negara Afrika selatan yang diikuti oleh negara lain.

Menteri Kesehatan Afrika Selatan Joe Phaahla mengatakan negara itu bertindak dengan transparansi dan larangan perjalanan bertentangan dengan norma dan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Lembaga kesehatan PBB itu pun sedang mengadakan pertemuan darurat atas varian bernama omicron.

Baca Juga

Juru bicara Downing Street menyatakan, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berbicara pada Jumat sore. Mereka membahas cara untuk membuka kembali perjalanan internasional.

"Kekhawatiran langsung kami adalah kerusakan yang akan ditimbulkan keputusan ini terhadap industri pariwisata dan bisnis kedua negara," kata Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Naledi Pandor dalam sebuah pernyataan.

Ramaphosa akan mengadakan pertemuan dewan penasihat pada akhir pekan untuk mempertimbangkan bukti tentang varian tersebut. Para ilmuwan sejauh ini hanya mendeteksi varian dalam jumlah yang relatif kecil, tidak hanya di Afrika Selatan tetapi juga di Botswana, Hong Kong, dan Israel. Namun, mereka khawatir dengan tingginya jumlah mutasi itu bisa lebih resisten terhadap vaksin dan menular.

Inggris mengatakan varian itu adalah yang paling signifikan yang ditemukan dan melarang penerbangan dari Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe dan Namibia. Negara-negara Uni Eropa juga setuju untuk menangguhkan perjalanan ke Afrika selatan.

Ahli epidemiologi terkemuka Afrika Selatan, Salim Abdool Karim,mengatakan tanggapan global penting, mencatat varian delta menyebar ke 53 negara dalam waktu tiga minggu setelah diidentifikasi. "Jadi tidak terlalu membantu untuk menutup perbatasan... Kita harus menemukan solusi untuk varian ini bersama-sama. Dan bagian dari itu adalah untuk tidak bereaksi berlebihan," katanya mencirikan larangan perjalanan Inggris sebagai reaksi panik itu bisa dimengerti.

Para ilmuwan seharusnya fokus pemerintah pada mendapatkan lebih banyak orang yang divaksinasi di tempat-tempat yang telah berjuang untuk mengakses suntikan yang cukup. Butuh waktu berminggu-minggu bagi para ilmuwan untuk sepenuhnya memahami dampak mutasi varian.

“Virus ini dapat berkembang tanpa adanya tingkat vaksinasi yang memadai. Sangat menyedihkan bahwa hal ini terjadi untuk menyampaikan maksudnya,” kata pakar penyakit menular yang berbasis di Afrika Selatan, Richard Lessells.

Afrika Selatan melaporkan sekitar 35 persen orang dewasa divaksinasi lengkap, lebih tinggi daripada di sebagian besar negara Afrika lainnya. Namun ini hanya setengah dari target akhir tahun pemerintah.

Sementara benua itu awalnya berjuang untuk mendapatkan dosis yang cukup, beberapa negara termasuk Afrika Selatan sekarang memiliki terlalu banyak stok.  Afrika Selatan telah menjadi negara yang paling parah terkena dampak di Afrika dalam hal total kasus dan kematian Covid-19 yang dilaporkan, dengan hampir 3 juta infeksi dan lebih dari 89.000 kematian sejak awal pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement