Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Italia Berpotensi Jumpa Portugal pada Play Off Menuju Qatar

Sabtu 27 Nov 2021 06:18 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ratna Puspita

Para pemain Timnas Italia ketika merayakan kemenangan Piala Eropa 2020.

Para pemain Timnas Italia ketika merayakan kemenangan Piala Eropa 2020.

Foto: EPA POOL/Andy Rain / POOL
Babak play off zona Eropa akan berlangsung pada Maret tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Tim nasional Italia berpotensi menghadapi Portugal pada play off Piala Dunia 2022 zona Eropa. Berdasarkan hasil undian yang diumumkan FIFA pada Jumat (26/11) malam, kedua tim berpotensi bertemu pada final grup C.

Ada 12 tim memperebutkan tiga tiket tersisa menuju Qatar. Ke-12 tim tersebut dibagi dalam tiga grup. Dalam setiap grup, dua tim unggulan berhadapan dengan tim non-unggulan. 

Baca Juga

"Italia bertemu Makedonia. Jika lolos ke final, Azzurri akan berhadapan dengan pemenang antara Portugal vs Turki," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Sabtu (27/11).

Sebelumnya, pasukan biru diprediksi lolos langsung ke Qatar tahun depan. Namun berjalannya waktu, Leonardo Bonucci dan rekan-rekan akrab dengan hasil imbang. Akibatnya, para gladiator negeri Pizza kalah bersaing dengan Swiss di Grup C.

Empat bulan lalu, Italia berjaya atas lawan yang sama di Piala Eropa. Kali ini, situasi berbalik. Jorginho menjadi kambing hitam kegagalan Gli Azzurri memuncaki klasemen akhir.

Timnya dua kali ditahan imbang Swiss. Dalam dua pertemuan tersebut, anak asuh Roberto Mancini mendapat dua hadiah penalti. Jorginho yang menjadi algojo gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Portugal mengalami nasib sial pada laga pamungkas Grup A, dua pekan lalu. Tampil di markas sendiri, Selecao das Quinas menyerah 1-2 dari Serbia. 

Kekalahan tersebut membuat Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan finis di peringkat kedua klasemen akhir, dan harus melalui fase play off jika ingin tampil di Piala Dunia 2022. Babak play off zona Eropa akan berlangsung pada Maret tahun depan. 

Berikut susunan lengkap tim-tim yang akan bertanding nantinya:

Grup A:

Semifinal 1: Skotlandia vs. Ukraina

Semifinal 2: Wales vs. Austria

Grup B:

Semifinal 3: Rusia vs. Polandia

Semifinal 4: Swedia vs. Republik Ceko

Grup C:

Semifinal 5: Italia vs. Makedonia Utara

Semifinal 6: Portugal vs. Turki

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA