Jumat 26 Nov 2021 21:12 WIB

Pemkot Juga Temukan Bangunan di Atas Saluran Air di Kalibata

Sebelumnya, bangunan di atas saluran air di Kemang sudah mulai dibongkar.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Sejumlah bangunan berlantai dua yang sebagiannya berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara III, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mamprang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (18/11).
Foto: Republika/Ali Mansur
Sejumlah bangunan berlantai dua yang sebagiannya berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara III, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mamprang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (18/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menemukan keberadaan bangunan lain yang berdiri di atas saluran air di Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Sebelumnya Pemkot Jakarta Selatan membongkar sejumlah bangunan yang berdiri di atas saluran air di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"(Penyisiran bangunan) titik lain sudah berjalan cuma tidak diperlihatakan saja. Ada di (saluran) penghubung pulo Kalibata," ujar Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin saat dikonfirmasi, Jumat (26/11).

Baca Juga

Saat ini, kata Munjirin, pihaknya masih terus melakukan penyisiran bangunan lain yang berdiri di atas saluran air di beberapa wilayah Jakarta Selatan. Mengingat, kata dia, berdirinya bangunan di atas saluran air selain melanggar, juga menjadi salah satu penyebab terjadi banjir.

"Nanti kita sisir, kalau nemu nanti ya kita persuasif dulu seperti ini," ungkap Munjirin.

Maka dengan demikian keberadaan bangunan di atas saluran air di Kalibata itu menambah daftar bangunan yang berdiri di atas saluran air di wilayah Jakarta Selatan. Sebelumnya, sejumlah bangunan berlantai dua, termasuk sebuah kafe yang sebagiannya berdiri di atas saluran air di Kemang, Jakarta Selatan mulai dibongkar.

Di lokasi itu ada beberapa bangunan berlantai dua, paling kanan bercat putih dan biru adalah sebuah kafe. Di bagian belakangnya dibuat transparan dengan dinding dari kaca. Sehingga pengunjung pun dapat melihat saluran air, sembari menikmati sajian. Kini bagian belakang kafe itu sudah dibongkar.

Terkait pembongkaran itu, Camat Mampang Prapatan, Djaharudin mengatakan pemilik membongkar bangunan itu sendiri. Namun, pihaknya juga menerjunkan petugas untuk membantu pembongkaran.

"Kita perbantukan juga, dari PPSU dan Satpol PP bantu angkut," ujar Djaharudin, ketika dihubungi, Kamis (25/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement