Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

10 Foto Spektakuler Teleskop Hubble tentang Alam Semesta

Sabtu 27 Nov 2021 02:11 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih

Mystic Mountain

Mystic Mountain

Foto: hubble, NASA, ESA,
Teleskop Hubble telah beroperasi selama 31 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Hubble telah beroperasi selama 31 tahun. Teleskop ini segera memasuki usia pensiun sebagai teleskop luar angkasa. Sebagai gantinya, akan diluncurkan teleskop James Webb sebagai teleskop luar angkasa yang paling canggih dan mutakhir.

Meskipun era Hubble secara bertahap akan segera berakhir, teleskop ini telah menangkap banyak foto spektakuler dan mengagumkan. Dilansir dari PBS, Kamis (25/11), berikut ini 10 foto yang dihasilkan oleh Hubble selama 31 tahun berada di luar angkasa.

Baca Juga

Cosmic Reef atau Terumbu Kosmik

photo
Cosmic Reef atau Terumbu Kosmik. Cosmic Reef terdiri dari dua nebula yang berbeda. - (nasa,esa,hubble)
 
Cosmic Reef terdiri dari dua nebula yang berbeda. Yang lebih besar berwarna merah dan yang kecil berwarna biru dengan latar belakang hitam adalah bagian dari wilayah pembentuk bintang yang luas di Awan Magellan Besar, galaksi satelit Bima Sakti.

Menurut NASA, Cosmic Reef ini membentang sekitar 163 ribu tahun cahaya dari bumi. Dijuluki Terumbu Kosmik, karena nebula merah itu menyerupai terumbu karang yang mengambang di lautan bintang. Wilayah tengah yang berkilauan adalah sekelompok bintang yang besar dan kuat, masing-masing 10 hingga 20 kali lebih besar dari matahari kita.

 

Galaksi Tumpang Tindih

photo
Galaksi tumpang tindih atau disebut juga NGC 3314. - (nasa,esa,hubble)
 
Galaksi tumpang tindih atau disebut juga NGC 3314. Kedua galaksi tersebut terlihat seolah-olah bertabrakan, tetapi sebenarnya mereka terpisah oleh puluhan juta tahun cahaya, atau sekitar sepuluh kali jarak antara Bima Sakti dan galaksi Andromeda.

Gerakan kedua galaksi menunjukkan bahwa keduanya relatif tidak terganggu dan bergerak ke arah yang sangat berbeda dan tidak berada pada jalur tabrakan apa pun.

 

Gugus Bintang R136

photo
Gugus Bintang R136 - (nasa,esa,hubble)
Di wilayah tengah Nebula Tarantula, sekitar 170 ribu tahun cahaya dari Bumi, terletak sekelompok bintang muda yang padat. Di antara ratusan bintang muda, bintang biru adalah bintang paling masif yang terdeteksi di alam semesta. Di wilayah tengah yang paling padat dari gugusan ini, para astronom telah menemukan sembilan bintang dengan massa lebih besar dari 100 kali massa matahari.

 

Nebula Kerudung

photo
Nebula kerudung. - (nasa,esa,hubble)
Nebula Kerudung merupakan awan gas dan debu yang dipanaskan dan terionisasi dari rasi Cygrus. Dalam gambar ini, merah sepertihalnya hidrogen, hijau untuk belerang, dan biru untuk oksigen.

 

Gema cahaya dari bintang super raksasa

photo
Gambar bintang super raksasa merah V838 Monocerotis - (hubble, NASA, ESA,)
Bintang super raksasa merah V838 Monocerotis ini mengungkapkan perubahan dramatis dalam iluminasi awan debu di sekitarnya. Efeknya, yang disebut gema cahaya, mengungkap pola debu yang belum pernah terlihat sebelumnya ketika bintang itu tiba-tiba menjadi terang pada Januari 2002. Ini menjadi salah satu bintang paling terang di Bima Sakti, 600 ribu kali lebih terang dari matahari sebelum memudar pada April 2002. 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA