Jumat 26 Nov 2021 20:53 WIB

Pentingnya Laporan Keuangan untuk Perusahaan

Dalam pembuatan laporan keuangan tak hanya harus paham akutansi tapi juga teliti

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan jurusan untuk mahasiswa semester 3, berupa “Workshop Online & Tes Offline Basic Accounting”,  yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (17/11).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan jurusan untuk mahasiswa semester 3, berupa “Workshop Online & Tes Offline Basic Accounting”, yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (17/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memahami dasar-dasar akuntansi (basic accounting) merupakan hal yang wajib dilakukan karena pemahaman akuntansi menjadi alat yang baik dalam mengevaluasi kondisi perusahaan dari laporan keuangannya.

Dalam mendukung dan memberikan informasi kepada masahasiswa terkait basic accounting, Program Studi (S1) Akuntansi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan jurusan untuk mahasiswa semester 3, berupa “Workshop Online & Tes Offline Basic Accounting”,  yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (17/11).

Baca Juga

Syamsul Bahri, selaku Kaprodi Akuntansi Universitas BSI menjelaskan, kegiatan workshop dan tes offline basic accounting ini, dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang.

Dedi Suharyadi, selaku pemateri menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam pembuatan laporan keuangan. Pembuatan laporan keuangan diawali dengan mencatat setiap traksaksi kedalam buku jurnal dan diakhiri dengan membuat neraca saldo setelah penutupan buku.

“Dalam pembuatan laporan keuangan, selain dibutuhkan pemahaman tentang akuntansi juga dibutuhkan ketelitian pada saat membuatnya,” jelas Dedi.

Ia juga menambahkan, bahwa laporan keuangan bagi suatu perusahaan baik dunia pendidikan dan industri apapun itu sangat dibutuhkan karena menentukan keberlangsungan bisnis atau suatu usaha tersebut.

“Pada dasarnya, laporan keuangan merupakan sejumlah laporan yang berisi informasi tentang keuangan, posisi keuangan, dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan. Dengan laporan keuangan, kita bisa melihat kinerja suatu suatu perusahaan,” tutup Dedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement