Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Greysia/Apriyani Fokus Persiapkan Stamina

Jumat 26 Nov 2021 18:45 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu dan Greysia Polii (kanan).

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu dan Greysia Polii (kanan).

Foto: EPA-EFE/MAURI RATILAINEN
Greysia/Apriyani melangkah ke semifinal usai mengalahkan ganda putri Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putri unggulan kedua, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sukses melaju ke babak semifinal turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2021. Duet juara Olimpiade Tokyo 2020 ini berhasil menjinakkan permainan agresif tanpa lelah ganda putri Jepang, Mayu Matsumoto/Ayako Sakuramoto.

Bertanding di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (26/11) sore, Greysia/Apriyani menang dengan skor 21-16, 12-21, dan 21-18 dalam tempo 76 menit .

Baca Juga

Keduanya harus memeras keringat lebih banyak sebelum menyingkirkan pasangan unggulan ketujuh itu. Lewat laga yang ketat dan menguras stamina, andalan tuan rumah ini mampu menghempaskan harapan ganda asal Negeri Matahari Terbit itu.

"Bersyukur kami bisa menang. Kuncinya adalah komunikasi dan percaya dengan Greysia," ujar Apriyani usai berlaga.

Menurut Apriyani, ganda Jepang itu sangat tangguh. Bersama Greysia, dirinya harus punya stamina yang mumpuni untuk mengalahkannya. "Memang kami sudah persiapkan sebelum tampil di pertandingan ini. Kami fokus pada persiapan stamina," jelas dia.

Pada gim pertama, Greysia/Apri berhasil menekan dan mengetahui pola permainan lawan. Namun memasuki gim kedua, kedua ganda putri tuan rumah ini justru gagal mempertahankan keunggulan. "Kami jadi sering mati sendiri dan tidak cepat mengantisipasi setiap tekanan," kata Apriyani.

Memasuki gim ketiga, keduanya mulai menemukan performa terbaik dan meladeni lawan dengan stamina yang mulai tergerus. "Kami coba saja terus dan berusaha untuk tidak mati sendiri. Fisik mereka memang kuat," tambah Greysia.

Di babak semifinal ajang berhadiah total 850 ribu dolar AS itu, Greysia/Apriyani menunggu pemenang laga antara ganda Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva dan unggulan ketiga Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

"Kami kerjakan satu per satu saja. Belum memikirkan laga lainnya. Kami mau berikan penampilan terbaik," kata Apriyani menegaskan. "Sekarang kami mau pemulihan fisik dulu untuk besok. Siapa pun lawannya kami harus siap."

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA