Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Akselerasi Digitalisasi UMKM Sumatra Lewat Amartha+

Jumat 26 Nov 2021 17:22 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), perusahaan fintech pionir peer-to-peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, mengoptimalkan penggunaan aplikasi Amartha+ untuk mengakselerasi digitalisasi UMKM pedesaan di wilayah Sumatra.

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), perusahaan fintech pionir peer-to-peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, mengoptimalkan penggunaan aplikasi Amartha+ untuk mengakselerasi digitalisasi UMKM pedesaan di wilayah Sumatra.

Foto: Amartha
Amartha telah digunakan 56 ribu mitra UMKM dengan nilai transaksi Rp 7 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), perusahaan fintech pionir peer-to-peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, mengoptimalkan penggunaan aplikasi Amartha+ untuk mengakselerasi digitalisasi UMKM pedesaan di wilayah Sumatra. 

Amartha+ telah digunakan oleh lebih dari 56 ribu mitra dengan nilai transaksi lebih dari Rp 7 miliar selama beroperasi sejak Juli 2021. Aplikasi Amartha+ menyediakan fasilitas belanja borongan bagi para mitra. 

Baca Juga

Melalui fitur PPOB atau belanja borongan, mitra secara bersama-sama dapat membeli bahan untuk modal usaha dengan harga grosir, sehingga dapat memperoleh untung lebih besar dari selisih harga pasar. Amartha+ juga menyediakan layanan pembelian pulsa, serta pembayaran tagihan rumah tangga seperti listrik dan PDAM.

Chief Risk & Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menyampaikan Amartha senantiasa berupaya untuk mempercepat digitalisasi di pedesaan, yang diwujudkan salah satunya melalui penyediaan aplikasi Amartha+.

Selain menghemat pengeluaran dari sistem belanja borongan, mitra juga mendapat penghasilan tambahan karena membuka layanan beli pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga. Hal ini sejalan dengan intervensi Amartha untuk mendorong percepatan kesejahteraan mitra. 

"Dengan melakukan transformasi digital, Amartha dapat membantu mitra dan warga sekitarnya tetap produktif di masa PPKM walaupun dengan pembatasan aktivitas di luar rumah. Jadi manfaatnya tidak hanya untuk mitra, tapi juga untuk pelanggan mereka”.

Untuk melakukan sosialisasi digitalisasi, Amartha mengerahkan lebih dari 1.000 orang tenaga lapangan yang tersebar di Sumatra untuk memberikan edukasi literasi digital sekaligus memonitor perkembangan usaha mitra.

Ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mempersiapkan para mitra agar siap beradaptasi dengan perubahan teknologi, salah satunya di bidang layanan keuangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA