Jumat 26 Nov 2021 16:24 WIB

Bank Mandiri Dukung Digitalisasi Transaksi Keuangan BP Batam

Bank Mandiri terus mendukung pengembangan ekonomi wilayah pada penguatan daya saing

Bank Mandiri menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) terkait pemanfaatan produk dan layanan perbankan.
Foto: Bank Mandiri
Bank Mandiri menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) terkait pemanfaatan produk dan layanan perbankan.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Bank Mandiri terus mendukung pengembangan ekonomi wilayah yang menekankan pada penguatan daya saing lokal, termasuk di kawasan ekonomi khusus. Terkait hal itu, Bank Mandiri menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) terkait pemanfaatan produk dan layanan perbankan.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Kantor Pusat BP Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (26/11). Menurut Darmawan Junaidi, inisatif ini merupakan langkah strategis perseroan untuk memperkuat kerja sama yang sudah terjalin dalam mengimplementasi percepatan pemulihan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan layanan digital perbankan Bank Mandiri.

Baca Juga

“Kami berharap, dukungan ini dapat memberikan lebih banyak nilai tambah bagi masyarakat secara umum, terutama melalui pemanfaatan digital banking yang akan dapat meningkatkan efisiensi dan profitabilitas," kata Darmawan.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri juga mengenalkan layanan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri sebagai produk andalan perseroan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan transaksi lewat beragam fitur unggulan. Darmawan berharap, pemanfaatan Kopra by Mandiri mampu mempermudah kebutuhan layanan keuangan BP Batam dengan memanfaatkan layanan single access.

 

Platform digital ini, lanjutnya, akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale BP Batam ke dalam satu platform secara Single Sign On (SSO) yang memudahkan akses digital portal existing. Di antaranya Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.

“Digitalisasi menjadi salah satu kunci dalam percepatan proses dan modernisasi bisnis di era ini. Kami memiliki layanan Kopra by Mandiri yang dapat digunakan untuk mendukung proses bisnis dan transaksi BP Batam. Bahkan, untuk mitra Kerja BP Batam, layanan ini selaras dengan program National Logistic Ecosystem (NLE) khususnya di kawasan Batam,” imbuhnya.

Sebagai tambahan informasi, sampai dengan akhir September 2021 (year-to-date/YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri tercatat sebanyak lebih dari 160 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp 9.400 triliun lebih.

Implementasi Batam Logistic Ecosystem

Sementara itu, secara terpisah, Bank Mandiri menyepakati kerja sama dengan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan untuk mengembangkan Batam Logistic Ecosystem (BLE) melalui pemanfaatan Mandiri Virtual Account dalam proses pembayaran dan disbursement pada transaksi logistik.

Penguatan Batam Logistic Ecosystem (BLE) menjadi salah satu implementasi platform National Logistic Ecosystem dalam rangka efisiensi logistik, menumbuhkan iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian di Batam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement