Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Malaysia: Biaya Operator Telekomunikasi 5G Lebih Murah

Jumat 26 Nov 2021 14:11 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi jaringan 5G. Aturan harga untuk biaya 5G di Malaysia masih menunggu persetujuan dari regulator untuk memastikan biaya yang berkeadilan dan tidak mengincar keuntungan.

Foto:
Malaysia janjikan biaya operator telekomunikasi untuk 5G lebih murah.

Pengguna yang masih memiliki kartu SIM yang hanya mendukung jaringan 3G disarankan segera menghubungi penyedia layanan terdekat untuk meningkatkannya ke 4G agar terhindar dari kesulitan penggunaan.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa penghentian jaringan 3G dilakukan seiring dengan usaha pemerintah untuk meningkatkan layanan jalur lebar (broadband) yang lebih menyeluruh dan berkualitas tinggi di bawah inisiatif Infrastruktur Program Jalinan Digital Negara (JENDELA).

"Ini bertujuan agar pengguna spektrum yang ada bisa menguatkan jaringan 4G serta memudahkan penyedia jaringan meningkatkan ketersambungan digital dan memberikan pengalaman 4G yang lebih baik dan menarik kepada pelanggan," katanya.

Peningkatan kualitas itu diharapkan akan menghasilkan kecepatan data yang lebih tinggi dan kestabilan jaringan. Menurut MCMC, pPelanggan akan dapat melayari internet, video streaming, dan menikmati lain-lain layanan dengan lebih baik dan lancar di jaringan 4G.

Hingga 30 September 2021, sebanyak 94,03 persen kawasan berpenduduk mempunyai akses 4G, dengan layanan jalur lebar seluler pada kecepatan 31,34 megabit. Para penyedia layanan, yakni Celcom xiata Berhad, Digi Telecommunications Sdn Bhd, Maxis Berhad, Telekom Malaysia Berhad, dan U Mobile Sdn Bhd, telah berhasil melakukan migrasi 1,2 juta pelanggan ke 4G.

MCMC meminta masyarakat dan perusahaan-perusahaan memanfaatkan inisiatif pemerintah dalam membantu peralihan ke jaringan 4G sebaik mungkin. Itu akan membuat mereka dapat menikmati keterhubungan jalur lebar yang lebih baik dan lancar.

sumber : Antara, Reuters
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA