Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

3 Manfaat tak Terhingga Sholat Tahajud Khusus untuk Muslim

Jumat 26 Nov 2021 09:11 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Sholat malam mempunyai derajat masing-masing sesuai waktuny. Sholat tahajud/ilustrasi

Sholat malam mempunyai derajat masing-masing sesuai waktuny. Sholat tahajud/ilustrasi

Sholat malam mempunyai derajat masing-masing sesuai waktunya

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Bagi umat Islam, qiyamullail atau ibadah malam adalah amalan spesial dan memiliki banyak keutamaan. 

Sehingga amalan ini juga menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan Allah ﷻ dan Rasul-Nya dalam berbagai ayat dan hadits. Allah berfirman dalam Alquran:

Baca Juga

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا 

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al Isra 79).

Dilansir dari Elbalad, setidaknya ada tiga manfaat tak terhingga sholat tahajud bagi seorang hamba. Mukjizat yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mukjizat tersebut yaitu:

Doa dikabulkan

Saat seorang hamba melakukan sholat tahajud, Allah ﷻ menjelaskan akan mengabulkan berbagai doa hamba-Nya. Ibadah ini menjadi salah satu ritual di salah satu waktu yang mustajab untuk dilakukan. Rasulullah ﷺ bersabda:

 ما من عبد يبيت على ذكر طاهرا، فيتعار من الليل، فيسأل الله شيئا من خير الدنيا والآخرة، إلا أعطاه إياه

Artinya: “Jika seorang Muslim tidur sambil mengingat Allah, dalam keadaan suci, kemudian bangun dari tidur di malam hari, dan meminta kebaikan kepada Allah di dunia dan di akhirat.  Dia pasti memberikannya padanya.” (HR  Abu Dawud).

• Diganjar surga

Seperti yang disebutkan dalam surat Al Isra ayat 79, seseorang yang melakukan sholat tahajud akan diberi tempat yang baik oleh Allah ﷻ. 

Orang-orang yang meyempatkan diri di waktu malam untuk mendekatkan diri kepada Allah ﷻ dan meminta kepada-Nya akan diberikan ganjaran besar. 

• Digolongkan sebagai orang-orang soleh

Salah satu perilaku orang soleh adalah mendekatkan diri kepada Allah ﷻ di berbagai kesempatan. Salah satunya di setiap malam ketika orang-orang tidur terlelap. Allah ﷻ berfirman:

وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَٰمًا 

Artinya, “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS Al Furqan 64). 

Menurut Tafsir as-Sa'di dari Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menjelaskan, ayat ini berarti orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka,” maksudnya, mereka banyak melakukan sholat tahajud dengan ikhlas kepada Allah, menghinakan diri kepada-Nya, sebagaimana Allah berfirman, “lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Rabbnya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”(QS As Sajdah 6-17).

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sholat tahajud, para ulama sangat menganjurkan agar umat melakukannya. 

Tidak hanya untuk mendapatkan berbagai mukjizat di atas, tapi juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah ﷻ di tengah kesibukan dunia.    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA