Jumat 26 Nov 2021 05:09 WIB

Berlaku Adil pada Anak

Sikap adil orang tua akan membuat anak-anak menjadi saling menghormati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ibu dan Anak
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Ibu dan Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Perlakuan adil orang tua dalam memberikan hadiah pada anak akan membuat setiap anak merasakan cinta kasih yang sama. Selain itu sikap adil orang tua akan membuat anak-anak menjadi saling menghormati dan menghilangkan rasa iri. 

Rasulullah ﷺ pernah mengingatkan basyir Radiyallahu Anhu karena ia tidak adil dalam hal membagi hadiah bagi anak-anaknya. 

Baca Juga

Kala itu Basyir hendak memberikan hadiah pada putranya yaitu Nu'man. Namun sebelum ia memberikan hadiah itu pada Nu'man, istrinya yakni 'Umrah binti Rawahah buru-buru memperingatkan suaminya. Ia meminta agar suaminya itu menghadap terlebih dulu pada Rasulullah, dan meminta agar Rasulullah menjadi saksi atas hadiah yang akan diberikan Basyir pada Nu'man. 

Basyir pun menghadap Rasulullah, lalu Rasulullah menanyakan padanya tentang apakah perlakuan Basyir juga sama terhadap anak-anaknya yang lain selain Nu'man. Basyir pun mengakui bahwa dirinya telah berlaku tidak adil karena hanya memberikan hadiah pada Nu'man saja. Akhirnya Basyir pun membatalkan pemberian itu untuk menegakan keadilan di anatar anak-anaknya. 

وَعَنِ النُّعْمَانِ ابْنِ بَشِيْرٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَاقَالَ  : أَعْطَانِى أَبِى عَطِيَّةً فَقَالَتْ عُمْرَةُ بِنْتُ رَوَاحَةَ: لَا أَرْضَى حَتَّى تُشْهِدَرَسُوْلَ اللَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَى رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : اِنِّى أَعْطَيْتُ ابْنِى مِنْ عُمْرَةَ بِنْتِ رَوَحَةَ عَطِيَّةً فَأَمَرْتَنِى أَنْ أُشْهِدَكَ يَارَسُوْلَ اللَّهِ, قَالَ:  أَعْطَيْتَ سَائِرَوَلَدَكَ مِثْلَ هَذَا؟ قَالَ لَا ,فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : فَاتَّقُوااللَّهَ وَاعْدِلُوْابَيْنَ أَوْلَا دِكُمْ قَالَ فَرَجَعَ فَرَدَّعَطِيَّتَهُ.

Diriwayatkan Nu'man bin Basyir Radiyallahu Anhuma, ia berkata: Ayahku memberi padaku hadiah. Kemudian berkata 'Umrah binti Rawahah: Saya tidak rela engkau berikan Nu'man hadiah sebelum engkau mempersaksikannya kepada Rasulullah ﷺ. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement