Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

...

Tekuk Myanmar, Persiapan Matang Indonesia ke Piala AFF 2020

Kamis 25 Nov 2021 23:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pemain timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Pemain timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Indonesia tutup persiapan ke Piala AFF 2020 dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar.

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Tim nasional (timnas) Indonesia mengakhiri persiapan terakhir menuju Piala AFF 2020 dengan kemenangan. Tidak tanggung-tanggung, tim besutan Shin Tae-Yong itu sukses menaklukkan Myanmar, 4-1, dalam laga yang digelar di kompleks olahraga Emirhan, Antalya, Turki, Kamis (25/11) malam WIB.

Timnas Indonesia tidak mau menunggu lama untuk bisa mengebrak pertahanan Myanmar. Serangan pertama skuad Garuda langsung mengancam gawang Myanmar. Sayangnya, umpan tarik Witan Sulaeman gagal disambar barisan lini depan timnas Indonesia.

Baca Juga

Pada serangan berikutnya, Indonesia bisa mencatatkan keunggulan, tepatnya pada menit keempat. Sebuah umpan crossing yang dilepaskan Ezra Walian dari sebelah kiri pertahanan Myanmar mampu dimanfaatkan oleh Ricky Kambuaya. Bola hasil tandukan pemain asal Papua itu bersarang di pojok kanan bawah gawang Myanmar tanpa bisa dijangkau oleh kiper Pyae Lyan Aung.

Myanmar mencoba untuk segera membalas. Kendati begitu, gelombang serangan Myanmar masih bisa diredam barisan pertahanan timnas Indonesia, yang dimotori Fachrudin Aryanto.

Indonesia akhirnya berhasil menggandakan keunggulan lewat serangan balik pada menit ke-12. Mendapatkan kendali bola di lapangan tengah, Alfeanda Dewangga langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Irfan Jaya, yang berlari di sisi kiri pertahanan Myanmar. Tanpa kesulitan, Irfan menaklukkan Pyae Lyan Aung dengan mengarahkan bola ke sebelah kanan gawang Myanmar.

Dengan skema yang nyaris sama, skuad Garuda mencetak gol ketiganya di pertandingan ini, tepatnya pada menit ke-33.

Kali ini, giliran Ricky Kambuaya yang mengirimkan umpan terobosan buat Witan di sebelah kanan pertahanan Myanmar. Witan, meski dibayang-bayangi salah satu pemain bertahan Myanmar, masih sempat melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Selang satu menit pasca-gol Witan tersebut, Myanmar mendapatkan peluang emas untuk membalas. Namun, tiga tembakan beruntun para penggawa Myanmar masih bisa dimentahkan oleh kiper Muhammad Riyandi dan pemain bertahan timnas Indonesia.

Myanmar akhirnya harus puas menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal tiga gol.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA