Jumat 26 Nov 2021 00:40 WIB

100 Hari Taliban Berkuasa, Afghanistan Masih Dihantui 5 Isu

Ada 5 isu utama yang mencengkeram Afghanistan 100 hari usai pengambilalihan Taliban

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Christiyaningsih
Anggota Taliban berjaga di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan pada 13 September 2021. Ada 5 isu utama yang mencengkeram Afghanistan 100 hari usai pengambilalihan Taliban.
Foto: Anadolu Agency
Anggota Taliban berjaga di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan pada 13 September 2021. Ada 5 isu utama yang mencengkeram Afghanistan 100 hari usai pengambilalihan Taliban.

REPUBLIKA.CO.ID, AFGHANISTAN— Ketika Taliban mengambil alih Kabul pada 15 Agustus, organisasi kemanusiaan Barat menarik bantuan mereka. Situasi itu mendorong Afghanistan ke jurang kehancuran ekonomi dan kelaparan ke seluruh negeri.

Amerika Serikat juga membekukan hampir 9,5 miliar dolar aset milik bank sentral Afghanistan dan menghentikan pengiriman uang tunai ke negara itu, menyebabkan sistem keuangan runtuh dalam beberapa bulan. Para pemimpin Taliban telah menjanjikan perdamaian, ketertiban, dan amnesti di Afghanistan sambil memastikan perempuan dan anak perempuan akan diberikan hak-hak tertentu. Mereka telah mendesak masyarakat internasional untuk mengeluarkan dana.

Baca Juga

Dilansir TRT World pada Rabu (24/11), ada lima isu utama yang mencengkeram Afghanistan 100 hari setelah pengambilalihan Taliban. Pertama, adanya kejatuhan perawatan kesehatan di mana ribuan tenaga kesehatan (nakes) belum dibayar dalam enam bulan. Rumah sakit dan klinik juga tidak memiliki obat atau peralatan untuk merawat pasien setelah negara itu kekurangan bantuan asing.

Mengacu pada WHO, pada September 17 persen dari 2.300 lebih fasilitas kesehatan yang sebelumnya didukung oleh Bank Dunia berfungsi penuh, dua pertiga di antaranya kehabisan obat-obatan esensial. Banyak yang bahkan tidak tahu bahwa Covid-18 ada. WHO di Afghanistan mengatakan pada bulan lalu, tes dan vaksinasi Covid-19 telah menurun di negara yang dilanda perang itu sejak Agustus.

Kedua, memengaruhi situasi keamanan. Kelompok bersenjata ISIS-K telah melancarkan pemberontakan dengan beberapa serangan tingkat tinggi di negara tersebut. Kelompok tersebut telah melakukan serangkaian serangan bom bunuh diri, termasuk di bandara Kabul dan di dua masjid Syiah, yang telah menewaskan ratusan orang.

Menurut jaringan berita lokal Afghanistan, TOLO News, tujuh insiden keamanan besar telah terjadi di negara itu yang menyebabkan 630 kematian dan cedera. Analis mengatakan kelompok bersenjata itu berusaha mencegah Taliban mengonsolidasikan cengkeramannya di negara itu.

Isu ketiga yakni pengakuan internasional Taliban. Apa yang disebut Imarah Islam oleh Taliban ini telah mencari pengakuan internasional untuk pemerintahan baru, yang dipimpin oleh Mawlawi Hebatullah Akhundzada, pemimpin tertinggi kelompok itu sejak pengambilalihan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement