Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Aturan Pembatasan Mobilitas Akhir Tahun Belum Final

Kamis 25 Nov 2021 21:59 WIB

Red: Ilham Tirta

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi

Foto: istimewa
Aturan teknis perjalanan akan diterbitkan setelah adanya surat edaran Satgas Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan saat ini belum ada keputusan mengenai pengaturan teknis larangan mudik pada saat PPKM Level 3 yang bertepatan dengan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, pembatasan perjalanan masyarakat masih dibahas di tingkat kementerian dan lembaga.

"Untuk Nataru besok akan dirapatkan antara menteri koordinator dan para menteri, terkait angkutan Natal dan Tahun Baru ini belum final," kata Budi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/11).

Baca Juga

Budi menjelaskan, keputusan mengenai pembatasan pergerakan masyarakat akan diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Menurut dia, setelah aturan dari Satgas Covid-19 terbit, maka Kementerian Perhubungan akan menyusun peraturan pergerakan masyarakat secara teknis.

Budi belum dapat memastikan skala pembatasan perjalanan warga pada akhir tahun. Meskipun demikian, ia memastikan sesuai Instruksi Mendagri, seluruh wilayah di Indonesia pada periode 24 Desember sampai 2 Januari 2022 diberlakukan PPKM Level 3.

"Kita akan menyesuaikan dari Surat Edaran Satgas Covid-19," kata dia.

Pemerintah menerapkan PPKM Level 3 saat Nataru guna mengantisipasi lonjakan Covid-19. Keputusan ini dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 tahun 2021.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA