Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Olahraga Malam Hari, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kamis 25 Nov 2021 19:08 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Kelebihan dan kekurangan olahraga pada malam hari (ilustrasi).

Kelebihan dan kekurangan olahraga pada malam hari (ilustrasi).

Foto: Republika/Thoudy Badai
Padatnya kegiatan membuat sebagian orang berolahraga pada malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyediakan waktu untuk berolahraga bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang sulit. Karena padatnya kegiatan sehari-hari, mungkin waktu sore atau malam adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk berolahraga. 

Namun jangan salah, berolahraga pada sore dan malam hari juga memiliki kelebihan, meski juga ada kekurangannya. Menurut laman Cnet, berolahraga sore dan malah hari dapat meningkatkan performa fisik.

Baca Juga

Penelitian menunjukkan kebanyakan orang yang berolahraga pada sore dan malam hari, memiliki fisik yang berfungsi lebih baik di kemudian hari. Kekuatan otot, kelenturan, output daya, dan daya tahan semuanya lebih baik di malam hari daripada pada pagi hari. Plus, orang yang berolahraga pada malam hari membutuhkan waktu hingga 20 persen lebih lama untuk mencapai titik kelelahan.

Kelebihan kedua dari berolahraga sore dsn malam hari adalah tubuh menjadi lebih hangat seiring berjalannya hari. Karena suhu inti tubuh lebih hangat pada kemudian hari, banyak orang dapat berolahraga lebih cepat untuk latihan sore dan malam. Meski demikian, Anda harus tetap melakukan pemanasan.

Kelebihan ketiga adalah hormon ada di pihak. Testosteron penting untuk membangun otot pada pria dan wanita. Tubuh mungkin menghasilkan lebih banyak selama latihan sore dibandingkan latihan pagi, menghasilkan kekuatan dan otot yang lebih besar.

Selain itu manfaat lain olahraga larut malam adalah dapat menghilangkan stres. Olahraga selalu merupakan cara yang baik untuk menghilangkan stres, tetapi berolahraga di malam hari benar-benar dapat membantu mengeluarkan tenaga. 

Lonjakan endorfin yang dapatkan selama dan setelah berolahraga bisa menjadi minuman manis yang membantu bersantai sebelum tidur.

Keempat, olahraga malam mungkin membantu menggantikan kebiasaan buruk pada malam hari seperti ngemil, minum, merokok, atau terlalu banyak menonton TV. Begitu Anda mulai berolahraga pada malam hari, Anda mungkin terkejut bahwa Anda bahkan tidak melewatkan kebiasaan lama Anda.

Sementara itu, beberapa kerugian olahraga sore dan malam juga mungkin harus Anda pertimbangkan. Pertama, olahraga mungkin mengganggu pola tidur

Itu mungkin merupakan hal yang akurat bagi beberapa orang. Para ilmuwan telah menemukan berolahraga pada malam hari mungkin tidak memiliki efek pada tidur sama sekali, dan beberapa bahkan mungkin mendapatkan tidur malam yang lebih baik. 

Akan tetapi beberapa orang mungkin mengalami kegelisahan jika mereka berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Ini biasanya hanya berlaku untuk olahraga yang intens, seperti CrossFit atau HIIT. Karena yoga, peregangan, dan olahraga ringan lainnya benar-benar dapat meningkatkan kualitas tidur Anda saat dilakukan sebelum tidur.

Kelemahan kedua adalah olahraga sore dan malam dapat menyebabkan masalah dengan konsistensi. Jika Anda seperti banyak orang, berolahraga di malam hari mungkin tidak berhasil untuk Anda hanya karena Anda terlalu lelah setelah hari yang panjang.

Latihan sore dan malam hari dapat mengganggu tanggung jawab sehari-hari, terutama jika hal-hal cenderung menumpuk pada siang hari. Jika Anda demkian, Anda bisa mencoba mengubah rutinitas harian agar sesuai dengan latihan pagi yang singkat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA