Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Cara Buat Ponsel Anda Seperti Baru Kurang dari 15 Menit

Kamis 25 Nov 2021 18:49 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti

Cara membuat ponsel seperti baru dalam waktu kurang dari 15 menit (ilustrasi)

Cara membuat ponsel seperti baru dalam waktu kurang dari 15 menit (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com.
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel tampak seperti baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Rutinitas bermain gawai sudah menjadi bagian dari masyarakat saat ini. Mereka menggunakan banyak aplikasi yang belum ditutup, podcast yang belum diputar, dan tumpukan pesan suara. 

Hal itu membuat ponsel membutuhkan penyegaran. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel Anda tampak seperti baru hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, seperti dilansir di The Muse, Kamis (25/11):

Baca Juga

Jika Anda memiliki lima menit

Anda bisa hapus semua aplikasi yang belum digunakan dalam 90 hari. Jika suatu saat Anda membutuhkan aplikasi itu, Anda selalu dapat mengunduhnya. 

Kemudian, rapikan layar ponsel dengan mengelompokkan aplikasi berdasarkan kategori. Misal, media sosial, keuangan, atau gim. Selanjutnya Anda bisa memilih wallpaper baru yang segar. Terakhir, Anda bisa kosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus podcast dan pesan lama.

Jika Anda memiliki 10 menit

Gulir ke bagian bawah galeri Anda dan mulailah menghapus gambar yang tidak ingin Anda lihat lagi dalam lima tahun kedepan, misalnya foto makanan dari restoran yang Anda lupa namanya. Lalu unduh aplikasi sinkronisasi foto otomatis berbasis //cloud// seperti Google Foto sehingga foto Anda dapat disinkronkan ke web tanpa kabel.

Jika Anda memiliki 15 menit

Anda bisa buka pesan suara yang tersimpan dan hapus semua data yang tidak diperlukan. Kemudian, Anda bisa telusuri tumpukan catatan lama dan daftar tugas lalu hapus semua data.

Jika Anda menggunakan Wifi, buka toko aplikasi dan tekan perbarui untuk semua aplikasi Anda yang tersisa. Ini akan memperbaiki bug dan menjaga ponsel tetap berjalan dengan lancar. Selain membersihkan isi ponsel, Anda juga perlu memperhatikan tampilan fisik ponsel. Jika pelindung layar atau casing ponsel sudah terlihat retak atau kotor, Anda bisa membelinya yang baru.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA