Jumat 26 Nov 2021 02:35 WIB

Anak Cedera Saat Bermain, Bagaimana Menangani Lukanya?

Tangani luka anak dengan tepat.

Anak bermain pushbike atau balance bike. Ketika bermain, anak bisa saja cedera. Rawat lukanya dengan tepat.
Foto: www.freepik.com.
Anak bermain pushbike atau balance bike. Ketika bermain, anak bisa saja cedera. Rawat lukanya dengan tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua berperan besar untuk memantau anak-anak bermain di luar. Dengan begitu, risiko anak terjatuh hingga akhirnya terluka bisa diperkecil.

"Di usia anak-anak yang aktif, yang harus dilakukan adalah memperhatikannya ketika bermain," kata praktisi keperawatan perinatologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Ns Novardian dalam konferensi pers daring, Kamis.

Baca Juga

Andaikan anak terjatuh dan mengalami lecet, coba lihat lukanya. Dari situ, orang tua bisa menentukan perawatan selanjutnya.

"Kalau menurut saya, luka lecet biasa proses penyembuhannya lebih cepat, sehingga pertolongan pertama ialah menjaga agar tidak sampai terinfeksi," jelas Novardian.

Sementara itu, untuk luka yang terbuka, sebaiknya tidak ditutup dengan kasa. Novardian menganjurkan untuk menggunakan skin barrier protection.

"Namun, kalau mau pakai penutup luka, sebelum gunakan plester perekat, gunakan skin barrier," ujarnya.

Novardian menjelaskan, ada dua kategori luka, yakni kronik atau akut. Bagi kulit yang lecet atau luka pasca penyembuhan, seperti luka operasi yang sudah mulai penyembuhan dan penutupan, perawatannya bisa menggunakan barrier pelindung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement