Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Plus Minus Olahraga pada Pagi Hari

Kamis 25 Nov 2021 16:55 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Plus-minus olahraga pada pagi hari (ilustrasi).

Plus-minus olahraga pada pagi hari (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Olahraga pagi memiliki keunggulan dan juga kekurangan.

REPUBLIKA.Co.ID, JAKARTA -- Salah satu waktu yang direkomendasi untuk berolahraga adalah pagi hari. Jika Anda menyukai segarnya udara subuh, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk meregangkan tubuh Anda dan mulai berkeringat.

Dilansir di laman Cnet pada Kamis (25/11), latihan pagi benar-benar memiliki keunggulan, menurut beberapa studi penelitian. Meski demikian, berolahraga pagi juga memiliki kekurangan yang akan dibahas di bawah ini. 

Baca Juga

Latihan pagi menawarkan daftar manfaat yang bahkan mungkin memengaruhi beberapa orang untuk mendapatkan kebugaran mereka pada pagi hari. Berikut penjelasannya:

1. Dapat membantu menetapkan rutinitas kebugaran. 

Orang yang berolahraga pada pagi hari sering kali lebih konsisten hanya karena olahraga pagi menyisakan lebih sedikit ruang untuk alasan. Jika Anda berolahraga pada pagi hari, Anda tidak bisa melewatkannya pada malam hari karena tugas menumpuk.

2. Dapat meningkatkan siklus tidur. 

Pada mulanya, mungkin sulit bagi Anda untuk bangun lebih awal. Akan tetapi penelitian menunjukkan, kebiasaan olahraga pagi dapat mengubah ritme sirkadian sehingga tubuh secara alami lebih waspada pada pagi hari dan lebih lelah pada malam hari.

Hal ini membuat Anda mudah tidur pada malam hari, dan bangun lagi lebih awal pada pagi hari untuk berolahraga. Menurut beberapa penelitian, olahraga pagi juga tampaknya meningkatkan tidur nyenyak lebih dari olahraga malam.

Selain itu, tidur membantu memfasilitasi pertumbuhan otot. Dengan dua manfaat ini, yaitu ritme sirkadian yang teratur dan siklus tidur yang membaik, ini akan membuat lebih banyak peningkatan kekuatan

3. Dapat membakar lebih banyak lemak.  

Berolahraga dengan perut kosong atau dalam keadaan berpuasa, terbukti membakar lebih banyak lemak daripada berolahraga setelah makan.  Hal ini terjadi karena tubuh harus memanfaatkan simpanan lemak yang sudah ada untuk bahan bakar olahraga. Itu dilakukan tubuh dibandingkan menggunakan makanan yang baru saja Anda makan sebagai bahan bakar.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa afterburn bertahan lebih lama saat Anda berolahraga pada pagi hari. Itu mungkin membantu Anda menurunkan berat badan dari waktu ke waktu.

4. Dapat membuat lebih produktif. 

Penelitian telah membuktikan, berolahraga pada pagi hari memiliki efek menguntungkan pada tingkat energi, kewaspadaan, fokus, dan pengambilan keputusan, yang dapat diterjemahkan menjadi hari kerja yang lebih produktif.

5. Dapat meningkatkan suasana hati sepanjang hari. 

Olahraga pagi adalah cara yang bagus untuk memulai setiap hari dengan endorfin atau "bahan kimia bahagia" yang dihasilkan tubuh sebagai respons terhadap olahraga dapat menjaga suasana hati tetap tinggi setelah latihan selama satu jam. Rasa pencapaian yang Anda dapatkan setelah menyelesaikan latihan juga dapat membuat Anda siap untuk hari yang optimistis.

Minus

Meski olahraga pagi memiliki kelebihan dan manfaat, olahraga pagi juga memiliki kekurangan. Saat berolahraga di pagi hari, beberapa hal dapat membuat latihan Anda sedikit miring.

1. Kehabisan bahan bakar atau energi. 

Jika tidak makan cukup malam sebelumnya, Anda mungkin harus berjuang melawan rasa lapar yang serius di tengah-tengah latihan.

Jika bangun dalam keadaan lapar hampir setiap hari, Anda bisa mencoba makan malam yang lebih besar atau camilan kecil yang padat protein sebelum tidur. Camilan kecil yang banyak mengandung karbohidrat sebelum berolahraga pagi, seperti pisang, juga bisa membantu menghindari rasa lapar dan kelelahan terkait rasa lapar.

2. Mengganggu tidur nyenyak. 

Ini sangat bergantung pada siklus tidur. Jika mengganggu, itu dapat mengakibatkan inersia tidur atau merasa pening beberapa saat setelah bangun tidur. Selain itu, Anda sering mengalami kelelahan kronis jika sering terjadi.

3. Performa fisik tidak mencapai puncaknya. 

Kebanyakan orang tidak bangun dari tempat tidur dengan perasaan gesit dan bersemangat. Anda mungkin mengalami kekakuan pada persendian dan ketidakfleksibelan sementara.

Jika mengalami ini, Anda harus mengendurkan diri saat melakukan pemanasan. Akan tetapi penelitian sebenarnya menunjukkan, penanda kekuatan tertentu, termasuk kekuatan puncak, lebih tinggi pada malam hari.

4. Butuh waktu lebih lama untuk pemanasan. 

Berbicara tentang pemanasan, ada alasan utama mengapa Anda mungkin tidak merasa kuat atau kuat selama latihan pagi.

Itu karena suhu tubuh inti Anda lebih rendah. Hal ini membuat pemanasan penting untuk latihan pagi. Dengan segera menggerakkan tubuh ke dalam latihan tanpa perlahan-lahan, ini dapat mengakibatkan cedera. Selain itu, detak jantung juga lebih lambat di pagi hari. Itu juga berkontribusi pada perlunya pemanasan yang lebih lama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA