Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Kapan Waktu Terbaik Berolahraga?

Kamis 25 Nov 2021 16:06 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Waktu terbaik untuk berolahraga (ilustrasi).

Waktu terbaik untuk berolahraga (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Ada pilihan bagi Anda terkait kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berolahraga merupakan salah satu kegiatan bermanfaat dalam menjalani hidup. Namun, terkadang, Anda tak bisa menjalankannya lantaran tidak bisa mengatur waktu yang longgar untuk berolahraga. Antara pekerjaan, keluarga, tugas, tidur dan, idealnya, hobi dan relaksasi, sulit untuk menemukan waktu dan motivasi untuk berolahraga. 

Ada pilihan bagi Anda terkait kapan waktu yang tepat untuk berolahraga, yaitu pada pagi hari atau sore hari. Masing-masing waktu itu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga

Menurut laman Cnet, bagi kebanyakan orang, waktu yang tepat untuk berolahraga bukanlah tentang berapa banyak kalori yang dibakar atau berapa banyak berat beban yang diangkat. Tapi ini lebih tentang bagaimana perasaan saat berolahraga dan bagaimana olahraga itu cocok ke dalam jadwal harian Anda.

Artinya, waktu terbaik untuk berolahraga adalah kapan pun Anda bisa. Sebab, tidak semua dari Anda memiliki jadwal yang memungkinkan untuk latihan 90 menit. 

Jika satu-satunya waktu berolahraga adalah sebelum bekerja, maka pagi hari adalah yang terbaik. Jika Anda mencoba menggeser aktivitas fisik di malam yang padat, ada kemungkinan Anda tidak akan pernah melakukannya.

Demikian juga, jika Anda hanya bisa berolahraga 20 menit dalam sehari sebelum bersiap-siap untuk tidur, itulah waktu terbaik untuk berolahraga. Hal yang perlu menjadi catatan tak hanya berolahraga kapan pun Anda bisa. Tapi, juga waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang dapat Anda pertahankan selama berhari-hari, berpekan-pekan, dan berbulan-bulan.

Misalnya, jika Anda adalah orang yang hanya memiliki waktu 20 menit pada malam hari, tetapi Anda terus-menerus melewatkannya, tanyakan pada diri sendiri apakah ada cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya pada pagi hari? Misalnya, mungkin Anda bisa tidur 20 menit lebih awal dan bangun 20 menit lebih awal untuk berolahraga pagi. Itu hanya sedikit menggeser jadwal Anda.

Pada kenyataannya, orang yang berolahraga secara konsisten, bisa melakukan penurunan berat badan dan hasil kebugaran yang lebih baik dalam jangka panjang. Penelitian juga menunjukkan, tubuh Anda dapat beradaptasi dengan jadwal latihan reguler. 

Jadi jika berolahraga setiap pagi, Anda mungkin akan menjadi jauh lebih baik saat berolahraga pada pagi hari. Hal yang sama ketika Anda berolahraga pada malam hari.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA