Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Lima Bahasa Asing yang Mendukung Kesuksesan Karier

Kamis 25 Nov 2021 09:22 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Pilih bahasa asing yang memiliki jumlah penutur terbanyak.

Negara berkembang menjadi tujuan utama perusahaan-perusahaan besar yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut masih akan meningkat ke depannya. Menurut perkiraan, pada 2025 nanti sebagian besar perusahaan raksasa dunia berencana membuka bisnis mereka di negara-negara berkembang. 

Kemampuan untuk menguasai dua bahasa sekaligus menjadi kebutuhan tersendiri, sebab ini juga merupakan tuntutan dari pekerjaan itu sendiri. Jika kamu berniat untuk meniti karier dengan sukses, setidaknya kamu harus menguasai bahasa asing. 

Pilih bahasa asing yang memiliki jumlah penutur terbanyak, sebab inilah yang paling sering digunakan di dalam dunia kerja. Persiapkan dirimu sejak sekarang, agar kelak kamu benar-benar mampu bersaing dengan kandidat lain dan bisa mendapatkan pekerjaan idaman dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bahasa yang bisa mendukung kesuksesan kamu dalam berkarir:

 

1. Bahasa Inggris

bahasa inggris

Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang paling populer dan banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Bahasa ini bahkan menjadi bahasa di beberapa negara terbesar di dunia, jadi tidak mengherankan jika penutur aslinya bisa mencapai lebih dari 365 juta orang. 

Bahasa Inggris tidak hanya digunakan di negara-negara yang menjadikannya sebagai bahasa utama, namun di negara-negara lainnya juga.

Jika selama ini kamu sudah cukup familiar dengan bahasa Inggris, maka menguasai bahasa yang satu ini tentu tidak akan terlalu sulit. Kamu hanya perlu memperdalam kemampuan bahasa Inggris yang lebih spesifik lagi tentang dunia kerja. 

Sebagian besar perusahaan global mewajibkan pekerjanya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, jadi tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai bahasa asing utama yang kamu kuasai dengan baik.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini

2. Bahasa Jerman

bahasa jerman

Bahasa Jerman tentu tidak begitu banyak digunakan, terutama di negara-negara Asia seperti Indonesia. Penutur asli bahasa ini sekitar 92 juta orang. 

Namun, Jerman menjadi salah satu negara maju yang memiliki perekonomian yang kuat, sehingga peluang mereka melakukan ekspansi ke negara-negara berkembang juga begitu besar.

Jika kamu ingin mendapatkan kesempatan bekerja di salah satu perusahaan Jerman ini, maka kamu sudah bisa mulai mempelajari Bahasa Jerman mulai sekarang. 

Kemampuan Bahasa Jerman yang baik akan memungkinkan kamu memiliki kompetensi yang lebih, jika dibandingkan dengan kandidat lainnya. Hal ini akan memberi kamu peluang diterima kerja menjadi lebih besar.

3. Bahasa Rusia

bahasa rusia

Bahasa Rusia menjadi pilihan bahasa asing lainnya yang perlu kamu pelajari untuk mendukung karier. Pada dasarnya, bahasa ini hanya memiliki jumlah penutur asli sebanyak 160 juta jiwa saja. 

Namun hal tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan, sebab belum banyak orang yang memiliki kemampuan dalam bahasa ini. Sementara di lain sisi, perusahaan-perusahaan Rusia juga terbilang maju dan kemungkinan akan melakukan ekspansi besar-besaran di masa yang akan datang.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengikuti Kursus Bahasa Jepang untuk Tingkatkan Karir

4. Bahasa Spanyol

bahasa spanyol

Di kawasan Amerika Serikat, Bahasa Spanyol menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan. Jumlah penutur asli bahasa ini mencapai 406 juta orang dan terbilang menjadi salah satu yang paling banyak di antara bahasa lainnya. Selain itu, 

Bahasa Spanyol juga digunakan sebagai bahasa resmi di lebih dari 20 negara di dunia. Hal ini akan membuat kamu akan memiliki peluang sukses dalam karir, mengingat negara-negara pengguna bahasa ini juga termasuk negara maju.

5. Bahasa Mandarin

bahasa mandarin

Bahasa yang satu ini menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Tidak tanggung-tanggung, Bahasa Mandarin memiliki jumlah penutur asli sekitar 935 juta orang di seluruh dunia. 

Ini tentu jumlah yang sangat besar, jika dibandingkan bahasa lainnya. Di dunia bisnis, bahasa ini bahkan mengalahkan bahasa populer lainnya, seperti bahasa Inggris.

Bahasa Mandarin juga menjadi bahasa bisnis pertama yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. 

Kamu akan memiliki peluang karir yang bagus jika bisa menguasai bahasa ini dengan baik, mengingat perusahaan-perusahaan Tiongkok menjadi salah satu yang paling rajin melakukan ekspansi ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bekali Dirimu dengan Kemampuan Bahasa Asing yang Mumpuni

Jika kamu termasuk orang yang ingin terjun ke dunia kerja dalam waktu dekat, maka pastikan dirimu menguasai bahasa asing. Kemampuan bahasa asing yang tepat akan membantu kamu lebih mudah untuk sukses dalam dunia kerja.  Pilih dan bekali dirimu dengan kemampuan bahasa asing yang tepat, agar karirmu bisa berjalan dengan maksimal di masa yang akan datang.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Networking

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA