Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Permen Karet Eksperimental Kurangi Viral Load Virus Korona

Kamis 25 Nov 2021 07:18 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Permen karet (Ilustrasi). Peneliti berhasil merancang permen karet yang dapat menjebak virus corona di mulut hingga kurangi viral load.

Permen karet (Ilustrasi). Peneliti berhasil merancang permen karet yang dapat menjebak virus corona di mulut hingga kurangi viral load.

Foto: Boldsky
Peneliti mengembangkan permen karet yang bisa kurangi viral load virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti berhasil membuat permen karet yang dapat berperan sebagai "jaring" untuk menjebak partikel virus corona. Peremen karet eksperimental ini mampu membatasi jumlah virus (viral load) dalam air liur dan membantu menghentikan penularan ketika orang yang terinfeksi berbicara, bernapas, atau batuk.

 

Baca Juga

Menurut laman The Sun, Rabu (24/11), permen karet khusus ini dirancang memiliki salinan protein reseptor ACE2, seperti yang ditemukan pada permukaan sel tubuh manusia. Virus menggunakan protein tersebut sebagai pintu masuk untuk membobol sel dan kemudian menginfeksinya.

 

Dalam percobaan, partikel virus tampak menempel pada ACE2 di permen karet. Alhasil, viral load dalam sampel turun pun lebih dari 95 persen.

 

Tim peneliti dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat melaporkan temuannya itu dalam Molecular Therapy. Menurut mereka, permen karet eksperimental itu memiliki rasa seperti permen karet biasa dan dapat disimpan selama bertahun-tahun pada suhu normal.

 

"Mengunyahnya tidak merusak molekul protein ACE2," kata para peneliti.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA