Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Peringatan Serius Diabetes Tersembunyi di Jempol Kaki

Kamis 25 Nov 2021 06:39 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Tes gula darah (Ilustrasi). Luka di kaki yang susah sembuh bisa menjadi pertanda diabetes.

Tes gula darah (Ilustrasi). Luka di kaki yang susah sembuh bisa menjadi pertanda diabetes.

Foto: Prayogi/Republika.
Kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa haus yang tak terkendali, kelelahan ekstrem, atau sering bolak-balik ke toilet telah diketahui sebagai gejala umum diabetes. Namun, kini para dokter mengungkap, masalah pada kuku kaki bisa menjadi peringatan serius diabetes.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyatakan, pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi dan setiap luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Sementara itu, kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum dan tanda-tanda pada kuku kaki bisa berarti gejala diabetes.

"Diabetes dapat mengurangi suplai darah ke kaki dan menyebabkan hilangnya perasaan yang dikenal sebagai neuropati perifer. Ini bisa berarti cedera kaki tidak sembuh dengan baik dan Anda mungkin tidak menyadari apakah kaki Anda sakit atau terluka,” demikian pernyataan NHS, seperti dilansir The Sun, Rabu (24/11).

Salah satu masalah kesehatan yang bisa jadi tanda diabetes adalah cantengan alias paronychia. Penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kulit dan cenderung mengalami cantengan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA