Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Minuman Kopi yang Bisa Buyarkan Upaya Turunkan Berat Badan

Kamis 25 Nov 2021 06:23 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Kopi (ilustrasi). Kebiasaan yang salah dalam minum kopi daoat mengacaukan upaya menurunkan berat badan.

Kopi (ilustrasi). Kebiasaan yang salah dalam minum kopi daoat mengacaukan upaya menurunkan berat badan.

Foto: Wikimedia
Jenis minuman kopi tertentu bisa buyarkan upaya menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, salah satu di antarnya adalah membantu mengelola berat badan. Hanya saja, kebiasaan yang salah dalam minum kopi justru dapat memberikan efek sebaliknya.

Kebiasaan minum kopi terburuk ketika sedang berusaha menurunkan berat badan adalah menambahkan gula ke dalam kopi. Penambahan ini termasuk krimer yang mengandung gula tambahan atau perisa buatan. Sebagai gambaran, satu sendok makan krimer kopi bisa mengandung sekitar 5 gram gula tambahan.

"Menambahkan gula sejauh ini merupakan kebiasaan minum kopi terburuk bila Anda ingin menurunkan berat badan," ungkap ahli gizi dan penulis di GoWellness Courtney D'Angelo, seperti dilansir EatThis.

Menurut American Heart Association (AHA), batas konsumsi gula tambahan yang dianjurkan untuk perempuan adalah 25 gram per hari dan untuk laki-laki 37,5 gram per hari. Akan tetapi, batasan ini bisa dilampaui dengan mudah oleh banyak orang, terutama melalui konsumsi minuman manis. Sebagai contoh, warga Amerika Serikat rata-rata mengonsumsi gula tambahan 300 persen lebih banyak dari rekomendasi konsumsi gula tambahan harian.

"Untuk menjaga berat badan yang sehat dan mencegah penyakit, laki-laki sebaiknya hanya mengonsumsi sembilan sendok teh gula dan perempuan enam sendok teh gula per hari," jelas D'Angelo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA