Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Belum Punya kartu kredit? Pertimbangkan Pakai yang Satu Ini

Rabu 23 Feb 2022 23:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Belum Punya kartu kredit? Pertimbangkan Pakai yang Satu Ini
Memiliki manfaat yang hampir sama dengan kartu kredit biasa.

Sejak lama kartu kredit menjadi salah satu produk perbankan yang paling populer dan banyak diminati. Kartu kredit memang bisa membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah, bahkan menguntungkan. 

Namun di lain sisi, alat pembayaran yang satu ini terbilang tidak mudah untuk dimiliki, apalagi untuk pengguna pemula. Bank memiliki kebijakan yang ketat terkait permohonan pengajuan kartu kredit, termasuk persyaratan yang terkadang tidak mudah untuk semua orang. 

Lalu, apakah selama ini kamu sendiri sudah memiliki kartu kredit?

 

Apa Itu VCC (Virtual Credit Card)

Virtual Credi Card

Jika kamu termasuk orang yang sulit mengakses fasilitas kartu kredit, maka mengajukan Virtual Credit Card (VCC) merupakan keputusan yang tepat. 

VCC merupakan kartu kredit dalam bentuk virtual, di mana kamu bisa memilikinya dengan cara yang lebih mudah. Jika dibandingkan dengan kartu kredit berbentuk fisik, VCC memang lebih praktis dan mudah diakses oleh semua orang. 

Persyaratan yang dibutuhkan juga tidak serumit pengajuan kartu kredit pada umumnya. Bukan hanya itu saja, proses pengajuan kartu kredit virtual ini juga terbilang singkat dan tidak sampai berhari-hari lamanya. 

Baca Juga: Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

 

Manfaat yang bisa didapatkan dari VCC

Manfaaat VCC

Meski sama-sama menjadi fasilitas pembayaran, kartu kredit biasa dengan VCC tentu memiliki perbedaan. Sumber limit kredit di dalam keduanya merupakan salah satu pembeda terbesar. 

Jika di dalam kartu kredit biasa limit kredit diberikan oleh pihak bank, maka hal sebaliknya justru ada di dalam VCC. Sebagai pengguna VCC, kamulah yang akan menyetorkan dan menyediakan sendiri limit kredit, sehingga bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan. 

Di luar hal tersebut, VCC tentu memiliki manfaat yang hampir sama dengan kartu kredit biasa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dinikmati dari penggunaan VCC:

1. Memungkinkan transaksi online

Sebagaimana kartu kredit pada umumnya, kamu juga bisa menggunakan VCC untuk berbagai transaksi online. Hal ini akan memudahkan dalam melakukan berbagai transaksi, termasuk transaksi di situs belanja luar negeri. 

Pastikan limit di dalam VCC kamu memadai, maka kamu sudah bisa melakukan transaksi pembayaran dengan cara mengetikkan nomor VCC dan juga CVV pada kolom yang tersedia. Transaksi pembayaran kamu akan berjalan dengan lancar, bahkan dalam waktu yang singkat saja.

2. Mempermudah akses akun pembayaran global

Bagi kamu yang membutuhkan akses pembayaran global yang memadai, memiliki akun pembayaran virtual global tentu menjadi salah satu solusi. Untuk mengaksesnya, biasanya perusahaan penyedia sistem pembayaran akan menjadikan kartu kredit sebagai salah satu persyaratan. 

Kamu bisa mengandalkan VCC untuk urusan yang satu ini, sebab alat pembayaran ini bekerja sebagaimana layaknya kartu kredit pada umumnya. Cantumkan nomor VCC dan juga CVV pada kolom pendaftaran, sehingga kamu bisa memiliki dan mengaktifkan akun dengan mudah. 

Ada banyak perusahaan yang menyediakan sistem pembayaran global seperti ini, Paypal dan Payoneer termasuk yang paling banyak digunakan.

Baca Juga: Jenis Kartu Kredit yang Paling Tepat untuk Hidup And

Tips memilih dan membuat VCC 

tips memilih dan membuat vcc

Untuk bisa menikmati fasilitas VCC, pastikan kamu membuatnya dengan cara yang tepat sejak awal. Pada dasarnya, kartu kredit virtual ini cukup banyak ditawarkan secara online. Beberapa perusahaan besar bisa dijadikan sebagai pilihan, seperti: Yandex Money, Neteller, dan juga Payoneer. 

Namun jika kamu menginginkan perusahaan yang mudah diakses dan ada di dalam negeri, maka kamu bisa memilih Octopay yang disediakan oleh CIMB Niaga atau Debit Online yang disediakan oleh BNI. 

Masing-masing perusahaan penerbit VCC di atas tentu akan memiliki syarat dan kebijakan yang berbeda-beda terkait pengajuan kartu kredit virtual tersebut. Khusus untuk Octopay dan juga Debit Online BNI, wajib memiliki rekening tabungan di masing-masing bank tersebut terlebih dahulu. 

Untuk mengajukan VCC ini, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi perusahaan penerbitnya saja, mengisi semua data dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. 

Proses pengajuan VCC ini akan berjalan cepat, kamu bahkan bisa menyelesaikannya dalam hitungan menit saja. Simak beberapa tips berikut ini, yang wajib dicermati saat akan memilih VCC: 

1. Pertimbangkan reputasi perusahaan

Sama halnya ketika akan menggunakan produk keuangan lainnya, pastikan juga memilih VCC ini dengan teliti. Pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya, di mana keamanan dan juga kenyamanan selama menggunakan VCC mereka bisa terjamin dengan baik.

2. Pilih VCC dengan fitur terbaik

Jangan lupa untuk melakukan perbandingan, sehingga kamu bisa melihat apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan penerbit VCC. Pilih VCC yang menyediakan fitur terbaik dan sesuai dengan kebutuhan transaksi keuangan. 

3. Akses komunikasi yang mudah

Pilih perusahaan yang sudah jelas dan memiliki kontak yang valid, sehingga kamu akan nyaman selama menggunakan VCC mereka. Akses komunikasi yang mudah seperti ini akan memudahkan kamu, jika sewaktu-waktu mengalami kendala dan masalah dengan produk VCC yang digunakan.

Nikmati Kemudahan Bertransaksi dengan Menggunakan VCC

Akses untuk memiliki kartu kredit memang tidak mudah untuk semua orang, namun VCC bisa menjadi solusi masalah ini. Alat pembayaran virtual ini bisa memungkinkan kamu melakukan berbagai transaksi keuangan, sebagaimana layaknya fungsi kartu kredit biasa. Ajukan VCC ke perusahaan yang tepat, agar bisa menikmati akses pembayaran yang mudah sepanjang waktu.

Baca Juga: Jangan Kelewat! Ini 5 Keuntungan Kartu Kredit yang Wajib Kamu Nikmati

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/belum-punya-kartu-kredit-pertimbangkan-pakai-yang-satu-ini
Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA