Kamis 25 Nov 2021 04:46 WIB

Krakatau SP Dorong Restrukturisasi di Setiap Lini

Cakupan area kawasan industri KSP termasuk yang terluas di Indonesia (550 hektar).

SDM di Krakatau Sarana Properti seusai melaksanakan kegiatan senam bersama, Rabu (24/11).
Foto: Dok. Krak
SDM di Krakatau Sarana Properti seusai melaksanakan kegiatan senam bersama, Rabu (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON –  PT. Krakatau Steel Tbk melalui subholding sarana infrastruktur secara konsisten terus mendorong setiap unit usahanya kearah yang lebih baik. Salah satunya lewat anak perusahaan mereka yakni PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang membidangi sejumlah lini bisnis. Misalnya, lini properti industri, penyediaan kavling industri dan pergudangan, lini properti komersial melalui brand Hotel & Golf The Royale Krakatau, Restoran The Surosowan, Krakatau Water World, dan Lini Residensial melalui jenama Pejaten Mas Estate dan Bumi Rakata Asri.

Direktur Utama KSP Ridi Djajakusuma memberikan motivasi kepada seluruh karyawan KSP agar bisa bekerja dengan baik per individu namun juga mengusung semangat kolektivitas. Harapannya, unit usaha KSP bisa berekspansi keluar sekaligus menjadi salah satu contoh anak perusahaan BUMN dengan kinerja yang memuaskan.

Baca Juga

“Tentunya saya ingin KSP ada perubahan dan harus melakukan yang berbeda secara positif, karena perbedaan nantinya akan lebih dihargai, dibandingkan hanya ingin lebih baik dari sebelumnya. Seperti pesan yang sering disampaikan oleh Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Silmy Karim), bahwa dalam perjalanan panjang menuju kesuksesan di rumah KSP tidak ada kata 'saya' melainkan kita bersama," kata dia.

Untuk itu, ia meminta siapapun jangan pernah berpikir bisa sukses karena usaha sendiri, namun harus mengedepankan semangat kerja kolektivitas 'One well coordinated unit' (satu untuk kesatuan). 

"Seperti halnya yang bisa kita teladani dari pembelajaran beliau dalam membangun PT. Krakatau Steel yang lebih baik lagi,” ujar Ridi Djajakusuma.

Dengan sumber day berjumlah kurang lebih 600 pekerja, Rid menegaskan agar seluruh karyawan yang berada dalam ruang lingkup kerja KSP untuk berani bermimpi merealisasikan visi dan misi perusahaan yang nantinya akan di dilaksanakan di setiap lini pada unit usahanya.

“Mimpi besarnya tentu adalah land banking dan sebagai pengelola kawasan industri, kita berencana untuk mengambil lahan di luar Cilegon misalnya bisa ikut dilahan industri Batang, beli lahan di Subang dan lainnya. Prospek bisnis yang punya potensi bagus adalah pergudangan yang okupansinya selalu stabil di saat pandemi, kita pun akan eksplor bisnis gudang di luar Cilegon," kata dia.

Ia yakin prospek bisnis KSP sangat besar. Ia berharap, ke depannya, mereka tidak hanya menunggu untuk mendatangkan investor asing, namun bagaimana m harus bisa secara mandiri menghidupi setiap lini bisnis yang ada dengan berbagai inovasi.

"Jika dikaitkan dengan masa pandemi sekarang ini, pasti ada dampak yang signifikan yang juga dirasakan baik oleh perusahaan BUMN lainnya dan juga anak perusahaannya. Namun bagaimana kita bisa mencari solusi kemudian beradaptasi dengan situasi new normal saat ini. Antara lain kita harus jemput bola dengan menawarkan area KSP dengan pangsa pasar lokal. Menuju kesana pastinya dimulai dengan perbaikan disetiap lini dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dari sebelumnya,” kata dia. 

Krakatau Sarana Properti memiliki aset yan luas melalui Kawasan Industri Krakatau Cluster 1, 2 dan 3. Dengan cakupan area kawasan industri terluas di Indonesia (550 hektar) KSP yang sekarang sudah bertransformasi dengan wajah baru, diharapkan turut berperan menjadi salah penyokong bisnis Krakatau Steel yang potensial ke depannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement