Kamis 25 Nov 2021 02:42 WIB

Kalahkan Besiktas, Ajax Perkasa di Puncak Klasemen Grup C

Ajax mengalahkan tuan rumah Besiktas dengan skor 2-1

Pemain Besiktas Ghezzal merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam pada pertandigan kelima fase Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Turki, Kamis (25/11) dini hari WIB
Foto: EPA
Pemain Besiktas Ghezzal merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam pada pertandigan kelima fase Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Turki, Kamis (25/11) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuan rumah Besiktas gagal mengalahkan tamunya Ajax Amsterdam pada pertandingan kelima fase Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (25/11) dini hari WIB. Sempat unggul di babak pertama, Besiktas harus menelan kekalahan 1-2 dari Ajax.

Ajax datang ke Istanbul tanpa beban lantaran sudah memastikan lolos ke babak 16 Liga Champions. Sementara tuan rumah Besiktas, mengusung misi wajib menang untuk menjaga peluang merebut posisi ketiga dan lolos ke Liga Europa musim ini.

Baca Juga

Meski begitu, Besiktas lebih bermain hati-hati di awal pertandingan. Inisiatif serangan justru dipegang oleh Ajax. Di awal laga, Ajax beberapa kali punya peluang berbahaya melalui Daramy, Neres dan Tadic. Namun, penampilan kiper Gunok berhasil mementahkan serangan Ajax.

Besiktas lebih banyak mengandalkan serangan balik ke pertahanan Ajax yang tetap bermain terbuka. Meski serangan lebih banyak dilancarkan oleh Ajax, namun Besiktas yang berhasil mencetak gol terlebih dulu.

Berawal dari tendangan penjuru pada menit ke-21, bola membentur bek Ajax Mazraoui. Wasit setelah melihat rekaman VAR memutuskan memberikan hadiah penalti untuk Besiktas. Ghezzal yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Besiktas 1-0 Ajax.

Tertinggal satu gol, Ajax meningkatkan intensitas serangannya. Berkali-kali barisan pertahanan Besiktas dibombardir oleh pasukan Amsterdam. Namun kiper Besiktas masih tampil gemilang. Besiktas bukan tanpa peluang, tim asal Turki itu mencatat beberapa kali peluang matang melalui Larin dan barisan penyerangnya. Namun, belum mampu menambah keunggulan. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Besiktas 1-0 atas Ajax. Statistik babak pertama mencatat, Ajax unggul dalam penguasaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen milik Besiktas.

Masuk ke babak kedua, pelatih Ajax Eric Ten Hag menambah daya gedor dengan menarik keluar Daramy dan memasukan Haller. Hasilnya, pada menit ke-54, Haller langsung mencetak gol penyeimbang untuk Ajax. Berawal dari serangan balik, Tagliafico mengirimkan umpan langsung pada Tadic yang menembus pertahanan lawan, sebelum diteruskan pada Haller. 

Haller yang berdiri bebas langsung melesakan bola ke gawang Besiktas. Ajax 1-1 Besiktas.

Ajax semakin bermain lepas setelah mendapat gol penyeimbang. Pada menit ke-69, Ajax mencetak gol keunggulan lagi-lagi melalui Haller. Gol berawal dari tendangan bebas. Martinez yang menerima bola melepaskan tembakan yang membentur pemain Besiktas. Bola yang jatuh pada Haller, langsung ditendang masuk ke gawang Besiktas. Ajax 2-1 Besiktas.

Hingga babak kedua berakhir, tak ada gol tambahan. Ajax makin perkasa di puncak klasemen grup C. Sementara bagi Besiktas, kekalahan ini semakin menutup peluang mereka untuk setidaknya lolos ke Liga Europa.

Susunan Pemain:

Besiktas:

Gunok (GK), Vida, Francisco Montero, Meras, Rosier, Pjanic, Topal, Ghezzal, Nkoudou, Teixeira, Larin

Ajax:

Onana (GK), Martinez, Schuurs, Mazraoui, Tagliafico, Klassen, Gravenberch, Berghuis, Neres, Daramy, Tadic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement