Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Dinkes Kota Kediri Percepat Imunisasi PCV

Kamis 25 Nov 2021 06:30 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, mempercepat pemberian vaksin atau pemberian imunisasi PCV untuk balita secara gratis.

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, mempercepat pemberian vaksin atau pemberian imunisasi PCV untuk balita secara gratis.

Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Kota Kediri termasuk daerah prioritas pemberian imunisasi PCV gratis dari pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, mempercepat pemberian vaksin atau pemberian imunisasi PCV (Pneumokokus Konyugasi Vaksin) untuk balita secara gratis. Hal ini sebagai upaya mencegah balita dari penyakit pneumonia atau radang paru akibat bakteri.

Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Kediri Meylany Rosa Puspita mengemukakan, Kota Kediri termasuk satu dari delapan daerah di Jawa Timur yang mendapatkan prioritas pemberian imunisasi PCV gratis dari pemerintah. Tujuh kabupaten/kota lainnya adalah Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Jember, Kabupaten Kediri dan Kota Malang.

Dinkes Kota Kediri mendapatkan introduksi vaksin PCV mulai Juni 2021, sehingga mereka telah memberikan pengumuman, melalui radio, baliho, bagi bayi kelahiran mulai April 2021. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, capaian vaksin masih 18 persen.

"Untuk itu, kami kembali mengajak ibu-ibu agar segera mendaftar daring," kata Meylany di Kediri, Rabu (24/11).

Ia menambahkan, imunisasi PCV ini memang diberikan kepada balita agar terbebas dari penyakit pneumonia atau radang paru akibat bakteri pneumokokus. Pemberiannya dilakukan tiga kali yakni ketika bayi berusia dua bulan, tiga bulan, dan 12 bulan.

Balita yang berhak didaftarkan imunisasi PCV gratis ini adalah yang lahir mulai April 2021. Pembatasan tanggal lahir mulai April dikarenakan program imunisasi PCV gratis baru dirilis Juni 2021.

Dinkes Kota Kediri membuka pendaftaran secara daring lewat Whatsapp bagi orangtua yang memiliki balita yang belum diimunisasi PCV. Kriteria balita itu adalah khusus yang lahir mulai April 2021.

Untuk teknis pendaftaran bisa dilakukan ke nomor kontak bidan desa/kelurahan tempat balita berdomisili. Setelah mendaftar via Whatsapp ke bidan desa, nantinya akan balita dijadwalkan waktu imunisasi PCV.

Imunisasi PCV, kata dia, bisa diberikan secara gratis bagi balita Kota Kediri. Sebab mulai pertengahan tahun ini, PCV telah masuk sebagai imunisasi rutin yang dibiayai pemerintah, seperti halnya imunisasi BCG, DPT,  dan campak.

"Kalau suntik sendiri di dokter spesialis, harga vaksin PCV ini sekali suntik sekitar Rp 1 juta," kata dia.

 

Baca Juga

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA