Rabu 24 Nov 2021 23:40 WIB

12 Poktan Barito Timur Terima Bibit Karet B-260

Bibit karet B-260 memiliki produktivitas yang tinggi.

Pekerja menyadap pohon karet (ilustrasi). Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menyerahkan bantuan bibit karet B-260 kepada 12 kelompok tani (poktan).
Foto: ANTARA/ABRIAWAN ABHE
Pekerja menyadap pohon karet (ilustrasi). Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menyerahkan bantuan bibit karet B-260 kepada 12 kelompok tani (poktan).

REPUBLIKA.CO.ID, TAMIANG LAYANG -- Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Trikorianto menyerahkan bantuan bibit karet B-260 kepada 12 kelompok tani (poktan).

"Terdapat 12 kelompok tani yang menerima bantuan dengan total jumlah bibit karet sebanyak 101.500 pohon," kata Trikorianto di Tamiang Layang, Rabu (24/11).

Baca Juga

Menurut Trikorianto, jenis bibit karet yang diberikan yakni B-260 mempunyai keunggulan, sehingga sangat menguntungkan bagi petani. Beberapa lokasi tanam karet jenis B-260 juga sudah matang atau siap sadap pada umur empat 48 bulan hingga 54 bulan. Keunggulan lainnya adalah bibit ini memiliki produktivitas yang tinggi karena menghasilkan getah yang lebih banyak dibandingkan jenis lain sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani karet.

Sebanyak 12 kelompok tani yang menerima bibit B-260 tersebar di Kecamatan Paju Epat, Benua Lima, Dusun Timur, Dusun Tengah, Patangkep Tutui, dan Awang dengan luasan 203 hektare sesuai hasil verifikasi lapangan. "Mereka yang menerima bibit karet akan dibantu kebutuhan pupuk dan obat-obatan selama perawatan sehingga tanaman karet tersebut dapat berproduksi sesuai target waktu yang diharapkan," kata Trikorianto.

Ia meminta petani penerima bibit karet untuk benar-benar mengembangkan maupun merawat tanaman bibit karet agar setelah target masa tanam terpenuhi bisa dilakukan produksi. Dukungan terhadap pertanian komoditas karet ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur menjalankan visi misi daerah dalam program ekonomi kerakyatan di bidang pertanian, dengan harapan benar-benar dikembangkan, ditanam, dipelihara supaya petani sehingga pada lima tahun akan datang sudah bisa disadap dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Program ekonomi kerakyatan ini hendaknya bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga benar-benar memberikan manfaat yang bisa membawa peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Barito Timur ke depannya," kata Trikorianto.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement