Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Papdi: Dahulukan Vaksin Covid-19 daripada Vaksin Influenza

Rabu 24 Nov 2021 20:30 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi influenza tetap bisa dilakukan selama tidak pada hari yang sama dengan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi influenza tetap bisa dilakukan selama tidak pada hari yang sama dengan vaksinasi Covid-19.

Foto: ANTARA/Jojon
Vaksin Covid-19 perlu didahulukan karena penting untuk membentuk imunitas kelompok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Bogor Erwanto Winulyo menyarankan kepada masyarakat untuk mendahulukan vaksinasi Covid-19 daripada vaksinasi influenza. Rekomendasi itu juga berlaku untuk masyarakat yang hendak berpergian setelah beberapa batas negara dibuka.

"Utamakan vaksin yang wajib karena ini bukan hanya untuk diri sendir,i tapi juga untuk membentuk imunitas kelompok. Dengan divaksinasi, kita juga melindungi kelompok orang yang tidak bisa divaksinasii saat kekebalan kelompok tercipta," kata Erwanto dalam "QnA Rabu Sehat Kemenkes" yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Vaksinasi merupakan salah satu cara agar pandemi bisa terkendali, di samping pelacakan, pengujian, dan perawatan pasien. Meskipun harus mengutamakan vaksin Covid-19, menurut Erwanto, vaksinasi influenza tetap bisa dilakukan selama tidak pada hari yang sama dengan vaksinasi Covid-19.

"Sampai saat ini, rekomendasi kami jangan bersamaan saja karena nanti akan sulit mendeteksi efek sampingnya dari mana. Boleh sebelum vaksin Covid-19 atau setelah suntik pertama," imbuhnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA