Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Semua Toilet SPBU Pertamina Wajib Gratis Seusai Protes Erick

Rabu 24 Nov 2021 19:32 WIB

Red: Andri Saubani

Petugas mebersihkan toilet di SPBU 44 521 08 jalur Pantura, Tegal, Jateng. Pertamina menjamin fasilitas yang ada di SPBU tidak dipungut biaya alias gratis. (ilustrasi)

Petugas mebersihkan toilet di SPBU 44 521 08 jalur Pantura, Tegal, Jateng. Pertamina menjamin fasilitas yang ada di SPBU tidak dipungut biaya alias gratis. (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Pertamina mengakui ada beberapa SPBU yang memang dibangun oleh swasta.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Intan Pratiwi, M Nursyamsi, Antara

Menteri BUMN Erick Thohir sempat mengunggah kritik di akun media sosialnya soal toilet di SPBU yang masih dipungut bayaran. Merespons Erick, PT Pertamina (Persero) memastikan semua fasilitas di SPBU gratis.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting menjelaskan selama ini fasilitas baik itu toilet, mushola maupun fasilitas publik lainnya di SPBU milik Pertamina memang diperuntukan pelanggan. Hanya saja, beberapa SPBU yang memang dibangun oleh swasta yang bekerja sama dengan Pertamina masih ada yang dipungut bayaran.

"Kami sosialisasikan kembali kepada seluruh pemilik SPBU untuk bisa meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Salah satunya untuk menyediakan toilet gratis dan memastikan kebersihannya untuk semua pelanggan," ujar Irto kepada Republika, Rabu (24/11).

Irto juga mengatakan khusus untuk di SPBU Coco yang dioperasikan langsung oleh Pertamina, semua fasilitas publik diberikan secara gratis dan dapat dipergunakan oleh semua masyarakat. Untuk memastikan kebijakan ini juga berlaku bagi semua SPBU, Pertamina akan melakukan sosialisasi dan pengecekan secara berkala.

"Kami akan sosialisasikan lebih lagi kepada para swasta yang pemilik SPBU dan secara berkala kami lakukan pengecekan," ujar Irto.

Baca Juga

Pada Senin (22/11), unggahan Erick soal pungutan biaya di toilet SPBU milik Pertamina viral. Dalam unggahan berupa video itu menggambarkan saat Erick berada di SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Erick sempat berbincang dengan seorang penjaga toilet di SPBU tersebut. Erick mempertanyakan adanya pungutan biaya bagi pengunjung yang ingin menggunakan toilet dengan tarif sebesar Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu.

"Ini kan fasilitas umum?" tanya Erick dalam video yang ia unggah di akun Instagram, @erickthohir pada Senin (22/11).

Erick meminta direksi Pertamina untuk memperbaiki hal ini. Erick menilai Pertamina tak perlu menarik biaya dari fasilitas toilet lantaran sudah mendapat keuntungan dari penjualan bensin hingga toko di dalam SPBU.

Erick menilai sudah sepantasnya masyarakat sebagai pelanggan mendapatkan fasilitas tambahan berupaya toilet gratis.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina, toilet enggak boleh bayar, harus gratis," kata Erick.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA