Rabu 24 Nov 2021 17:33 WIB

Pekan Krusial Liga Champions, Siapa ke Babak 16 Besar?

Baru Grup H yang memastikan dua wakilnya ke 16 besar Liga Champions.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Persaingan memperebutkan tiket 16 besar Liga Champions memasuki pekan krusial.
Persaingan memperebutkan tiket 16 besar Liga Champions memasuki pekan krusial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan ini merupakan masa yang genting bagi peserta Liga Champions. Sepuluh dari 16 tempat di fase gugur masih akan diperjuangkan dalam dua putaran grup tersisa. Enam tim telah memastikan lolos ke fase gugur lebih awal. Mereka adalah Liverpool, Ajax, Bayern Muenchen, Juventus, Manchester United dan Chelsea.

Sementara Besiktas, RB Leipzig, Malmo, Dynamo Kyiv, Young Boys, Zenit St Petersburg dipastikan tidak akan lolos ke fase gugur. 

Baca Juga

Saat satu grup sudah memastikan dua wakilnya, ada grup lain yang mesti menunggu hingga pekan terakhir untuk menentukan utusannya. Berikut ini peta persaingan grup menuju babak 16 besar, dikutip dari BBC, Rabu (24/11) :

Grup A: Manchester City, Paris Saint-Germain, Club Brugge

Manchester City memimpin klasemen dengan nilai sembilan, diikuti Paris Saint-Germain (PSG) dengan poin delapan. Club Bruges mengoleksi empat poin, sementara RB Leipzig satu.

City akan lolos dengan satu pertandingan tersisa jika mereka mengalahkan PSG pada Kamis (25/11) dini hari WIB. Hasil imbang juga akan membuat kedua tim lolos jika Club Bruges gagal menang melawan RB Leipzig.

Grup B: Porto, Atletico Madrid, AC Milan

Liverpool tak tergoyahkan di puncak dengan nilai 12. Porto menyusul dengan lima poin, unggul satu dari Atletico Madrid. AC Milan di posisi buncit dengan satu angka.

Porto bisa melaju dan mengklaim satu tiket terakhir Grup B, jika mengalahkan Liverpool, dan AC Milan menang melawan Atletico. Jika Liverpool dan Milan sama-sama menang pada matchday kelima ini, Porto wajib menang di kandang Atletico pada laga terakhir grup untuk mendampingi the Reds.

 

Grup C: Borussia Dortmund, Sporting Lisbon

Ajax mengumpulkan nilai 12, Borussia Dortmund dan Sporting sama-sama enam, sementara Besiktas masih nol.

Dengan Ajax sudah lolos, tiket babak 16 terakhir akan diperebutkan oleh Dortmund yang bertandang ke markas Lisbon. Jika Dortmund menang, mereka akan lolos, terlepas dari hasil laga terakhir.

Hal yang sama juga berlaku bagi Sporting, jika menang dengan selisih lebih dari satu gol. Sementara kalau imbang, maka akan menguntungkan Dortmund.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement