Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Kenalan dengan Google Suite dan Segala Manfaat yang Diberikannya

Kamis 25 Nov 2021 05:36 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Google Suite: Apa dan Manfaatnya

Google Suite: Apa dan Manfaatnya

Google Suite adalah produk aplikasi atau perangkat lunak layanan software as service

Dewasa ini, pengaruh kemajuan teknologi sudah semakin sulit untuk dibendung. Jika tak mengikuti arus perkembangan teknologi dan memanfaatkannya, sudah pasti seseorang atau sebuah bisnis akan menjadi tertinggal dan tak mampu bersaing dengan para kompetitornya yang lebih modern. 

Ada banyak sekali inovasi digital yang saat ini mampu mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi digital berbasis cloud keluaran Google bertajuk Google Suite atau biasa disingkat dengan G Suite.

Google Suite adalah suatu layanan yang mampu mengedepankan kolaborasi serta mobilitas guna menyempurnakan kebutuhan teknologi informasi di era digital seperti sekarang ini. Bagi kamu yang sering berkutat dengan dunia IT, teknologi dan fitur ini tentu sudah tidak asing lagi. 

Namun, bagi orang awam, manfaat dan keuntungan dari menggunakan layanan Google Suite ini mungkin masih terasa tak familier. Nah, bagi kamu yang masih bertanya-tanya dan penasaran dengan apa itu Google Suite, manfaat yang diberikannya, dan biaya berlangganannya, yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Ingin Hasilkan Cuan dari Google? Ikuti Cara Ini

Apa Itu Google Suite?

Apa Itu<a href= Google Suite" />

Apa Itu Google Suite?

Sebagai produk digital besutan perusahaan teknologi raksasa dunia, Google, Google Suite memiliki jumlah pengguna yang cukup masif. Saat ini, ada banyak sekali jenis pekerjaan, terutama yang berbasis online, yang membutuhkan fasilitas dan juga fitur yang disediakan oleh G Suite ini, sebagai contoh, berkomunikasi, hingga saling bertukar dokumen. 

Yang menjadi pertanyaan, layanan seperti apa sih G Suite ini? Secara singkat, G Suite atau Google Suite adalah produk aplikasi atau perangkat lunak yang bertugas sebagai layanan software as service. Peran dari perangkat lunak tersebut adalah mengelompokkan seluruh perangkat produktivitas serta kolaborasi dengan basis cloud untuk keperluan berbisnis, organisasi nirlaba, dan juga lembaga. 

Pada awal perilisannya 12 tahun silam, G Suite lebih dikenal dengan “Google Apps for Your Domain”. Di masa awal peluncuran tersebut Google Suite hanya memasukkan beberapa fitur dan fasilitas saja, yakni, Gmail, Google Calendar, Google Talk, dan juga Google Page Creator atau Google Sites. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Google menambahkan berbagai fitur baru lainnya, seperti, Hangouts/Meet, Google Drive, Google Docs, Slides, Keep, Forms, Sheets, dan lain sebagainya guna meningkatkan peran kolaborasi dan produktivitasnya.

Perbedaan Layanan Google Suite dengan Layanan Google Biasa

Sudah menjadi rahasia umum jika hampir semua layanan dan produk yang diluncurkan Google dapat dinikmati secara gratis oleh para penggunanya. Namun, hal ini berbeda dengan produk Google Suite ini. Alasannya karena platform tersebut menyediakan berbagai fitur tambahan yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan agar bisa jauh lebih efektif.

Beberapa fitur tambahan seperti kalender bersama, storage atau penyimpanan berbasis cloud opsional dengan kapasitas tanpa batas, kontrol admin, hingga alat untuk memindahkan data secara sederhana guna mentransfer seluruh data berharga milik perusahaan disediakan oleh layanan tersebut. 

Di sisi lain, Google Suite juga dilengkapi dengan sistem manajemen perangkat seluler. Sistem tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan smartphone, mengontrol aplikasi yang bisa diaktifkan, serta menghapus perangkat jika diketahui ada karyawan yang melakukan hal atau aktivitas di luar kebijakan dan aturan perusahaan. 

Tak hanya itu, berlangganan Google Suite juga memberikan fasilitas alamat e-mail yang bisa dibuat secara khusus menggunakan domain tertentu. Sebagai contoh, pada akun Gmail biasa, nama domain yang digunakan biasanya adalah “@gmail.com”. Nah, pada pengguna Google Suite, alamat e-mail yang dimilikinya bisa disesuaikan dengan nama perusahaan atau bisnis, misalnya, “namapengguna@namaperusahaan.com”. Namun, cek terlebih dahulu apakah nama domain tersebut tersedia atau tidak dengan melakukan verifikasi. 

Biaya Berlangganan/ Harga Google Suite

Berikut adalah rincian harga Google Suite.

Layanan

Keterangan dan Harga

Dasar atau Basic

Layanan ini meliputi fasilitas penyimpanan atau drive bersama bagi semua pengguna dengan kapasitas hingga 30GB. Layanan ini sudah termasuk segala aplikasi produktivitas yang dimiliki oleh Google, namun tanpa fitur Cloud Search. 


Harga: 4,2 USD setiap bulan per pengguna. 

Bisnis

Ada dua jenis layanan Google Suite Bisnis, yaitu:

  • Business Standard
  • Business Plus
Tentunya layanan Business Plus memiliki fasilitas yang lebih lengkap ketimbang yang standard. Semuanya, hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhanmu.


Harga: mulai dari 9,6 sampai 18 USD setiap bulan per pengguna. 

Enterprise

Sebagai layanan yang paling mahal, Google Suite Enterprise menyediakan seluruh fitur dan fasilitas yang terdapat pada paket layanan lainnya. Hanya saja ada tambahan berupa kontrol keamanan serta administrasi canggih, eDiscovery, dan juga pencegahan kehilangan data. 


Harga: kurang lebih 25 USD setiap bulan per pengguna. 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Baca Juga: Enggak Ribet, Lapor Kejadian Apa Saja Bisa Lewat ‘Google Maps’

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan oleh Pemilik Akun G Suite

Setelah mengetahui harga berlangganannya di atas, apa yang membuat Google Suite ini layak? Tentunya, ada berbagai hal yang bisa dilakukan oleh pemilik akun G Suite yang tak bisa dilakukan oleh pengguna layanan Google biasa, antara lain: 

  1. Pengelolaan Pengguna

    Pemilik Google Suite mampu mengelola pengguna dengan mudah dan praktis, termasuk dalam menambahkan akan menghapus akun Googlenya. Selain itu, pihak admin juga dapat mengelola serta mengelompokkan pengguna sesuai dengan departemen dan jabatannya. Bahkan, kapan login terakhir dilakukan pengguna juga bisa dilacak serta membatasi pemakaian akun e-mailnya. 

  2. Profil Perusahaan

    Melalui Google Suite, kamu bisa memperbarui informasi perusahaan serta mempersonalisasi akun G Suite menggunakan logo perusahaan. Kamu juga bisa membuat URL khusus bagi penggunanya saat memanfaatkan berbagai aplikasi milik Google. 

  3. Pengelolaan Perangkat

    Selanjutnya, pengelolaan perangkat dapat memudahkanmu untuk mengamankan serta menjaga data perusahaan pada seluruh perangkat yang terkoneksi akun layanan tersebut. Kamu juga dapat melihat jumlah perangkat seluler serta Google Chrome yang terhubung, misalnya, Jamboard, yang ditautkan pada akun penggunanya.

  4. Fitur Keamanan

    Terakhir, kamu dapat mengelola seluruh fitur keamanan pada akun Google, termasuk, manajemen, pemantauan password, hingga pengaturan pada sistem masuk tunggal atau single sign-on atau SSO. Fitur keamanan tersebut menjamin akun serta data milik perusahaan agar aman saat berada di dalam cloud atau komputasi awan. 

Sederet Manfaat Menggunakan Layanan Google Suite

Ada pula sederet manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna layanan Google Suite, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mendorong Kolaborasi Tim

    Google Suite dilengkapi aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan sebuah dokumen secara bersama-sama. Semua proses pengeditan pada dokumen tersebut dapat ditampilkan secara langsung atau real time serta disimpan pada cloud. 

    Melalui pengaturan akses pula kamu bisa melakukan pengeditan pengguna serta peran lainnya guna meningkatkan kolaborasi proyek. Ada pula sistem obrolan yang bisa digunakan untuk menjalin komunikasi serta berbagi ide bersama anggota lainnya. 

  2. Jaminan Keamanan Data Tingkat Tinggi

    Kamu bisa menyimpan semua dokumen dan data di layanan Google Drive dengan aman. Jadi, pengguna tak perlu merasa khawatir akan risiko kehilangan data dan bisa mengaksesnya kapan saja dengan mudah. Kalaupun memiliki tim yang bekerja dari jarak jauh, seluruh anggotanya bisa mengakses data tersebut, bahkan ketika sedang bepergian. 

  3. Menghemat Biaya

    Bagi pihak manajemen perusahaan, Google Suite adalah platform andalan dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Dengan biaya berlangganan terjangkau, Google Suite menyediakan berbagai fitur pamungkas, seperti eDiscovery, Open API, penyimpanan cloud dengan kapasitas tanpa batas, kontrol audit, dan pengarsipan. Tak hanya itu, pengguna juga hanya perlu membayar untuk fitur serta fasilitas yang dibutuhkan saja.

Jangan Mau Ketinggalan Rasakan Manfaat dan Fitur Google Suite

Fitur Google Suite

Rasakan Manfaat dan Fitur Google Suite

Itulah sekilas penjelasan mengenai apa itu Google Suite dan serba-serbi manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Bagi perusahaan yang umumnya menjalankan aktivitas usahanya secara online, berlangganan Google Suite ini bisa jadi merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Bahkan, tak sedikit perusahaan startup atau rintisan yang menjadi pelanggan dari layanan ini. 

Baca Juga: Jadi Rival Baru Spotify, Google Luncurkan Youtube Premium dan Youtube Music

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA