Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Film Horor Paling Menakutkan Menurut Sutradara The Conjuring

Rabu 24 Nov 2021 09:09 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Film horor paling menakutkan menurut sutradara The Conjuring, James Wan, salah satunya yaitu Ring (ilustrasi).

Film horor paling menakutkan menurut sutradara The Conjuring, James Wan, salah satunya yaitu Ring (ilustrasi).

Foto: Toho
Sutradara The Conjuring, James Wan, memilih film horor paling berkesan.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara film horor, James Wan, memiliki jejak genre horor, setelah menciptakan beberapa film menakutkan paling berkesan pada abad 21. Pada 2004, Wan menyutradarai Saw yang berhasil di box office dengan menghasilkan lebih dari 103 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) di seluruh dunia.

Keberhasilan Saw meluncurkan waralaba, dan, kini ada total sembilan film Saw, meskipun Wan tidak kembali untuk mengarahkan sekuelnya. Wan juga menyutradarai banyak film horor dari semesta The Conjuring. Wan adalah salah satu sutradara horor paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir, tetapi film mana yang menurut Wan sendiri menakutkan? Dilansir di Looper pada Rabu (24/11), sutradara ini mengungkapkan lima film menakutkan favoritnya: 

Baca Juga

1. The Others (2001)

photo
Film The Others. - (Warner Sogefilms)
 

Ditulis dan disutradarai oleh Alejandro Amenábar, The Others mengikuti kisah Grace (Nicole Kidman), yang taat beragama, saat dia pindah dengan dua anaknya Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley) ke sebuah rumah di pantai Inggris selama Perang Dunia II. Anak-anaknya memiliki penyakit langka yang ditandai dengan fotosensitifitas, yang berarti mereka harus tinggal di dalam rumah sepanjang hari. 

Ketika Anne dan Nicholas mengeklaim rumah baru mereka memiliki hantu, Grace skeptis pada awalnya, sampai dia mulai memperhatikan kejadian aneh. Siapa pun yang telah melihat film ini tahu bahwa film ini juga memiliki akhir yang sangat berkesan, yang melibatkan pengungkapan hantu-hantu rumah. Mengesampingkan akhir yang mengejutkan, Wan menganggap keseluruhan film sebagai salah satu yang terbaik dari genre ini.

2. Poltergeist (1982)

photo
Poltergeist - (Google)
 

Secara umum dianggap sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa, masuk akal jika Poltergeist mendapat tempat di daftar Wan. Ditulis oleh Steven Spielberg, Michael Grais, dan Mark Victor dan disutradarai Tobe Hooper, Poltergeist mengangkat kisah sebuah keluarga di pinggiran kota yang mulai mengalami kehadiran jahat di rumah mereka. 

Hantu itu berinteraksi dengan keluarga Freeling-Steve (Craig T Nelson) dan Diane (JoBeth Williams), bersama dengan tiga anak mereka, melalui pesawat televisi mereka. Bagi Wan, Poltergeist adalah bagian utama dari masa kecilnya sendiri, dan menjadi titik awal untuk karir masa depannya. 

"Ini adalah film yang membuat saya takut sebagai seorang anak dan mengirim saya ke jalan obsesif terhadap semua hal yang berhubungan dengan boneka jahat. Ini memiliki desain suara yang hebat juga,” kata Wan.

3. Lost Highway (1997)

photo
Film Lost Highway. - (October Films)
 

Lost Highway yang disutradarai oleh David Lynch (yang juga ikut menulis skenario dengan Barry Gifford) tidak selalu disebut sebagai film horor, biasanya diklasifikasikan sebagai neo-noir. Namun, beberapa orang yang telah mengalami mimpi buruk dan narasi yang sengaja membingungkan dari Lost Highway akan berpendapat bahwa itu adalah film yang sangat menakutkan, dan Wan setuju.

Baginya, Lost Highway menghadirkan pengalaman menakutkan bagi penonton, termasuk dia. "Ini adalah film non-horor paling menakutkan, narasi yang terfragmentasi, atmosfer noirish, soundscape berbahaya, fotografi murung. Semuanya menambah pengalaman klasik David Lynch,” ujar Wan. 

Meskipun sulit untuk menggambarkan Lost Highway, plotnya mengikuti dua cerita yang saling berpotongan bahwa musisi jaz Fred Madison (Bill Pullman) yang diduga membunuh istrinya, dan mekanik muda Pete Dayton (Balthazar Getty) yang tergoda oleh seorang wanita yang ingin selingkuh dari pacarnya. 

Kedua wanita, istri Fred, Renee, dan kekasih Pete, Alice, diperankan oleh Patricia Arquette. Bagaimana dua plot berpotongan? Bahkan jika Anda telah melihat filmnya, jawabannya tidak begitu mudah.

4. Jaws (1975)

 
photo
Film Jaws (1975). - (Universal Pictures)
 

Sekarang dianggap sebagai salah satu film thriller hebat sepanjang masa, Jaws menjadi blockbuster dan favorit di antara para kritikus ketika ditayangkan perdana pada 1975. Tidak hanya menghasilkan 260 juta dolar AS (sekitar Rp 3,7 triliun) di seluruh dunia, tetapi kemudian menang tiga Academy Awards (untuk pengeditan, skor, dan suara) dan juga dinominasikan untuk gambar terbaik. Ditulis oleh Peter Benchley dan Carl Gottlieb, berdasarkan novel Benchley dengan judul yang sama, Jaws berlatar di kota wisata New England di Amity Island, di mana ada serangkaian serangan hiu selama musim panas. 

Kepala polisi Martin Brody (Roy Scheider) harus memburu hiu pemakan manusia, bersama ahli biologi kelautan Matt (Richard Dreyfuss), dan pemburu hiu profesional Quint (Robert Shaw). Wan mengungkapkan Jaws adalah salah satu dari banyak film Spielberg yang memberinya pelajaran berharga tentang pembuatan film. 

"Ini adalah film yang membuat saya takut akan hal-hal besar yang tidak diketahui. Ini mendidik saya tentang kekuatan pembuatan film yang menegangkan melalui kamera, pengeditan, musik, dan mise en scene,” kata Wan

5. Ring (1998)

photo
Film Ring. - (Toho)
 

Disutradarai oleh Hideo Nakata, film horor Jepang Ring (atau Ringu) didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Koji Suzuki dan diadaptasi ke layar oleh Hiroshi Takahashi. Sebuah remake Amerika dari Ring dibuat pada 2002, berjudul The Ring, yang kemudian meluncurkan waralaba berbahasa Inggris dengan sekuel yang keluar pada 2005 dan 2017. 

Ring menceritakan tentang reporter Reiko Asakawa (Nanako Matsushima). Setelah keponakannya dan tiga temannya ditemukan tewas usai menonton rekaman video yang diduga mematikan, dia berangkat untuk mencari tahu apa yang terjadi. 

Setelah menonton rekaman itu sendiri, dia mendapat telepon dan diberitahu bahwa dia akan mati dalam sepekan. Bertekad untuk melawannya, Reiko dan mantan suaminya Ryuji (Hiroyuki Sanada) melihat lebih dalam ke kutukan dan mencari cara untuk memecahkan mantra. 

Sama seperti Poltergeist, Ring Nakata memiliki arti khusus bagi Wan dan masa remajanya. Dia mengatakan bahwa Ring adalah film yang memperkenalkan kembali cintanya pada cerita horor Asia. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA