Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Southgate Ingin Buktikan Bisa Sukses Menjadi Pelatih Klub

Rabu 24 Nov 2021 04:12 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Gareth Southgate menandatangani kontrak baru di timnas Inggris sampai 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menegaskan, dia ingin melatih klub setelah tugasnya bersama timnas Inggris selesai. Ia termotivasi untuk membuktikan orang salah tentang rekam jejaknya di sepak bola domestik. Satu-satunya klub yang dilatih pria berusia 51 tahun adalah Middlesbrough. Namun tugasnya selama tiga tahun berakhir setelah Middlesbrough terdegradasi dari Liga Primer Inggris pada 2009. 

"Ada tantangan yang jelas karena orang-orang melihat karier kepelatihan saya di klub murni dari sudut degradasi. Ada bagian dari Anda yang ingin membuktikan orang salah," kata Southgate, dikutip dari Reuters, Selasa (23/11).

Baca Juga

Southgate yakin, akan ada waktunya ia melatih klub. Apalagi, setelah kontraknya bersama tim nasional Inggris tiga tahun lagi berakhir, ia baru berusia 53 tahun. Ketika waktu itu tiba, Southgate mengklaim punya pengalaman melatih tim dengan tekanan yang sangat besar dalam dunia sepak bola. 

Ia meyakini, memiliki modal besar jika suatu saat nanti melatih klub dengan tekanan yang ia terima selama menangani the Three Lions. Hanya, Southgate tak menjamin ia akan langsung akan menangani klub selepas kontrak barunya di timnas Inggris berakhir pada 2024.

"Daya tidak tahu apa yang akan saya rasakan dalam waktu tiga tahun ke depan. Saya tidak merasakan urgensi untuk mendorong hal-hal lain," ucap dia.

Southgate baru saja memperpanjang kontraknya bersama Inggris. Ada optimisme kalau Southgate bisa membawa the Three Lions sukses, setelah sampai semifinal Piala Dunia dan final Euro 2020. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA