Selasa 23 Nov 2021 17:29 WIB

Sinaptika 2021 Dukung Transformasi Digital

Sinaptika menjadi wadah para periset dalam bidang Informatika dan sistem informasi.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Jakarta menggelar Seminar Pengaplikasian Telematika (SInaptika) 2021 secara virtual, Sabtu (20/11).
Foto: dok umb
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Jakarta menggelar Seminar Pengaplikasian Telematika (SInaptika) 2021 secara virtual, Sabtu (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) Jakarta kembali menggelar Seminar Nasional Pengalikasian Telematika (Sinaptika) 2021. Menurut Ketua Pania Sinaptika 2021, Bagus Priambodo, acara tahunan itu digelar sebagai forum nasional yang menjadi wadah bagi para periset dalam bidang Informatika dan Sistem Informasi.

“Saat ini kita berada di era Society 5.0 yang mana pada era ini masyarakat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh Revolusi Industri 4.0 seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data, serta Robotika,” ujar Bagus dalam siaran pers yang diterima Selasa (23/11).

Menurut dia, semua teknologi tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Secara ringkas, kata Bagus, Society 5.0 merupakan sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis intelligent system yang dihasilkan oleh Revolusi Industri 4.0. 

Menghadapi tantangan era baru tersebut Sinaptika 2021 yang digelar pada Sabtu (20/11) itu mengusung tema "Trend Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam Mendukung Transformasi Digital".  “Berkaitan dengan tema tersebut kami menghadirkan sejumlah profesor yang sangat kompeten sebagai narasumber untuk  menyampaikan materi terkait tema utama tersebut,” ungkap Bagus.

Sederet narasumber yang tampil dalam gelaran Sinaptika 2021 itu antara lain, Prof Anton Abdulbasah Kamil dari Istanbul Gelisim University (Turki), Prof Rahmat Budiarto dari AlBaha University (Arab Saudi), dan Prof Juliana Sutanto dari Lancaster University (Inggris). Acara tersebut dipandu Dr Emil Kaburuan selaku kaprodi Teknik Informatika, Fasilkom UMB.

Sinaptika 2021 juga dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMB Dr  Yaya Sudarya dan secara resmi dibuka oleh Direktur Akademik dan Riset, Universitas Mercu Buana Dr Rizky Briandana, M.Comn. Menurut  Bagus,  seperti halnya tahun lalu, Sinaptika 2021 juga digelar secara virtual karena masih dalam suasana pandemi.

“Walaupun diselenggarakan secara virtual, hal ini tidak mengurangi semangat para peserta seminar dalam berbagi hasil penelitian terbaru dalam bidang ilmu komputer, serta mendengarkan paparan mengenai trend terbaru dalam Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 oleh para narasumber,” ujar Bagus.

Pada Sinaptika 2021, kata dia, Utac Panasonic  berkomitmen untuk menjalin kerja sama penelitian dengan  Fasilkom UMB terutama riset penelitian yang berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement